Sayed Assegaf Harapkan Pengelolaan Sampah di Pekanbaru Lebih Baik dengan Hibah Motor Sampah

Anggota DPR RI Sayed Abubakar A Assegaf

PEKANBARU - Anggota DPR RI Dapil Riau Sayed Abubakar A Assegaf mengharapkan Kota Pekanbaru memiliki sistem pengelolaan sampah yang lebih baik dengan bantuan hibah 10 unit motor pengangkut sampah yang didapat tahun 2019 ini. Hal ini disampaikannya saat menghadiri agenda Pengembangan Bank Sampah Mendukung Sirkular Ekonomi Masyarakat, di Kota Pekanbaru, Kamis, (28/3/2019).

"Saya akui pengelolaan sampah di Kota Pekanbaru masih kurang baik. Tetapi kedepan kita harapkan pengelolaannya lebih baik dengan dukungan Kementrian Lingkungan Hidup Kehutanan (KLHK) RI, dan bantuan 10 unit motor angkut sampah tahun ini," ujarnya.

Pemberian motor angkut sampah ini dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat mengangkut sampahnya. Berbeda dengan mobil pengangkut sampah, motor angkut sampah ini memiliki ukuran lebih kecil sehingga bisa digunakan melalui gang - gang yang lebih sempit.

"Motor sampah kan lebih kecil daripada mobil, jadi bisa dipakai melalui gang - gang yang kecil. Masyarakat jadi lebih mudah dengan motor angkut sampah ini," jelasnya.

Selain itu, Assegaf juga mengharapkan masyarakat Kota Pekanbaru membantu Pemko Pekanbaru mengelola sampah dengan memanfaatkan bank - bank sampah yang tersedia di masing - masing kecamatannya. Kemudian, mampu mendaur ulang sampah, agar dapat menjadi barang - barang layak pakai untuk sehari - hari.

"Kita juga mengharapkan masyarakat memanfaatkan bank - bank sampah yang sudah dibentuk oleh Pemko Pekanbaru. Agenda kita ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa sampah yang menjijikan ini bisa dikelola dengan baik, sehingga layak digunakan kembali, istilahnya reuse (daur ulang, red) ," pungkasnya.

[grc]
loading...