Segera Cek Tiga Komponen Mobil Berikut Sebelum Perjalanan Mudik Anda Terganggu

DUMAI - Hari raya Idul Fitri semakin dekat, calon pemudik yang akan menggunakan kendaraan pribadi mulai memadati bengkel sebelum perjalanan jauh.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, calon pemudik harus memastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima, apalagi lintasan jalur mudik jauh dan juga macet.

Dari pantauan GoRiau.com di lapangan, hampir di seluruh bengkel kendaraan terlihat mulai dipadati kendaraan yang akan melakukan servis menjelang perjalanan mudik.

Seperti yang dikatakan Junaidi, dirinya melakukan servis kendaraan sebelum melakukan mudik ke kampung halamannya yang berada di Provinsi Sumatera Selatan.

"Perjalanan yang akan saya tempuh sangat jauh, servis yang saya lakukan untuk memastikan agar mobil yang akan saya bawa selalu dalam keadaan prima," kata Junaidi kepada GoRiau.com, Rabu (29/5/2019).

Ul, salah seorang mekanik di Aldy Garage, menyebutkan, komponen utama yang harus diperhatikan selain Ban mobil adalah sistem pengereman, dikarenakan bagian pada mobil tersebut bekerja ekstra keras terkait keselamatan dalam berkendara.

"Kondisi kampas rem apabila sudah tipis, harus diganti baru, agar daya cengkram remnya bagus, apalagi jalur mudiknya jauh dan melewati jalur tanjakan dan turunan," kata Ul kepada GoRiau.com.

Selain rem, Ul juga meminta kepada pemilik kendaraan agar memperhatikan kondisi pendingin mesin atau radiator apakah berfungsi dengan baik, karena perjalanan mudik identik dengan lalu lintas padat dan macet.

"Bila terdapat keretakan pada selang dan juga radiator, agar segera diperbaiki dan lebih bagus diganti baru untuk menghindari kebocoran di tengah perjalanan," katanya.

Selain itu, oli mesin dikatakannya juga mempunyai peranan penting terkait kinerja mesin saat menuju ke kampung halaman.

"Kalau oli mesin kurang segera ditambah atau diganti baru, filter oli juga harus dibersihkan karena kalau kotor kendaraan juga terasa kurang optimal saat dikendaraai," katanya mengakhiri.

[grc]
loading...