Selain Jago Sains, Cleorisya Ranggi Tsabita Ternyata Lihai Main Piano, Gubri Syamsuar: Anak Ini Multi Talenta

PEKANBARU - Cleorisya Ranggi Tsabita, menjadi satu-satunya pelajar Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Siak yang mengharumkan nama Indonesia dan Riau di 16th International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) 2019 di Hanoi, Vietnam.

Pelajar kelas 6 SDIT Islamic Center Siak ini, ternyata lihai memainkan piano dengan jari-jarinya dan membuat kagum Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar yang melihatnya langsung di Kediaman Gubernur Riau, Selasa (3/12/2019).

Usai mendengarkan permainan piano Cleorisya Ranggi Tsabita, Syamsuar mengatakan kepada GoRiau.com, bahwa diharapkan pada masa yang akan datang, akan lebih banyak lagi lahir pelajar Riau yang mengukir prestasi seperti Cleorisya Ranggi Tsabita dan Mikhael Faith Benaiah Liveroy Saragih.

"Cleorisya, merupakan anak yang multi talenta. Saat saya menjadi Bupati Siak, ia pernah juara 1 pemain piano tingkat nasional di Batam, serta masuk sebagai finalis pendongeng nasional beberapa waktu lalu. Ini harus menjadi contoh yang baik," kata Syamsuar.

Syamsuar mengaku senang dengan prestasi putri pertama Direktur RSUD Tengku Rafian Siak ini. Prestasinya tidak hanya dibidang Sains secara Internasional, bahkan ia pernah meraih prestasi di bidang lainnya.

"Harapan saya, belajar dari prestasi yang sudah diraih pelajar di Riau ini. Untuk masing-masing sekolah di Riau, agar meningkatkan kualitas pendidikan melalui sumber daya manusia gurunya. Dimana peningkatan kapasitas guru dalam mengajar harus ditingkatkan lagi," ungkap Syamsuar.

Tadi, ia dapat informasi, masih banyak sekolah yang ternyata masih lemah dalam bahasa Inggris. Baginya, untuk bisa ikut event international, syarat utamanya harus bisa menguasai bahasa Inggris.

"Mudah-mudahan sekolah di Riau mulai tingkat taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas, memfokuskan pembelajaran bahasa Inggris. Sehingga ketika nantinya ada olimpiade international atau ivent international lainnya pelajar di Riau sudah siap mengikutinya dengan baik," jelas Syamsuar.

[grc]