Semua Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta di Riau Wajib Sediakan Masker Gratis

PEKANBARU - Dinas Kesehatan Provinsi Riau telah mengeluarkan surat nomor: 445/DINKES.4.2/2376, kepada seluruh direktur rumah sakit pemerintah dan swasta, agar menyediakan masker gratis di lobi rumah sakit atau di tempat yang mudah terlihat oleh masyarakat yang datang.

"Kita sudah kirimkan surat himbauan ke seluruh rumah sakit pemerintah dan swasta di Riau, agar menyediakan masker gratis untuk masyarakat. Sehubungan dengan situasi kabut asap akibat karhutla (kebakaran hutan dan lahan)," kata Mimi kepada GoRiau.com, Rabu (11/9/2019).

Dikatakan Mimi, mengingat kualitas udara berdasarkan alat Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU), menunjukkan tingkat tidak sehat sampai berbahaya. Kondisi ini terjadi hampir merata diseluruh kabupaten dan kota di Provinsi Riau.

"Penyediaan masker gratis untuk pengunjung, pasien dan keluarga pasien di rumah sakit dimulai hari ini. Serta masyarakat yang membutuhkan," ungkapnya.

Dirinya juga mengingatkan pihak rumah sakit, untuk membuat spanduk atau baliho berupa informasi 'Lindungi Diri dari Dampak Buruk Akibat Kabut Asap'.

"Selain menggunakan masker saat di luar rumah, masyarakat juga diingatkan untuk lebih aktif mengkonsumsi air putih. Juga mengurangi aktifitas di luar, serta hidup sehat dan makan makanan sehat dan higienis. Segera ke sarana pelayanan kesehatan bila kesulitan bernafas dan gangguan kesehatan lainnya," jelas Mimi.

[grc]
loading...