Seorang Warga Jakarta yang Baru Saja Berkunjung dari Kuansing Terdeteksi Suspect Corona

PEKANBARU- Seorang penumpang pesawat di Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) Pekanbaru, terdeteksi suspect virus Corona (Covid-19). Saat diperiksa petugas suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celsius.

Informasi yang dihimpun GoRiau.com, pria yang kedapatan suspect Corona itu hendak melakukan penerbangan ke Jakarta setelah sebelumnya melakukan kunjungan ke Kuansing, kemudian akan terbang dari Pekanbaru, pada hari Senin (23/3/2020) malam.

Namun saat akan boarding pass, petugas bandara melakukan pemeriksaan suhu tubuh di greeter, dan ternyata suhu tubuh penumpang tersebut mencapai 38 derajat celsius.

Kemudian penumpang tersebut langsung dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan oleh pihak medis.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Kantor, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara SSK II, Syarifuddin, dan saat ini pasien tersebut dirujuk ke salah satu rumah sakit yang direkomendasikan untuk menangani pasien Covid-19.

"Iya benar, hasil pemeriksaan Avsec yang berangkat ke jakarta terdeteksi 38 drjt keatas dan diobservasi ada gejala sehingga kami rujuk ke RS. Ini warga Jakarta yg berkunjung ke Kuansing," terang Syarifuddin.

Terpisah, Executive General Manager (EGM) Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Yogi Prasetyo, saat dikonfirmasi juga tidak menampik informasi tersebut, ia mengakui memang ada melakukan pemeriksaan lalu menyerahkan penumpang itu ke bagian kesehatan.

"Nah kami hanya medeteksi awal saja adapun proses selanjutnya, petugas bandara akan mendata penumpang dan menghubungi petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara SSK II," kata Yogi kepada Wartawan, Selasa (24/3/2020).

Selanjutnya Yogi menjelaskan, untuk penumpang yang memiliki suhu tubuh diatas 37,6 derajat akan diarahkan ke Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara SSK II untuk diperiksa.

"Nanti pasien yang terindikasi Di tersebut setelah didata, dan segera dilarikan ke RS terdekat/ RS Arifin Ahmad dengan menggunakan Ambulance milik KKP utk penanganan dan pengecekan lebih lanjut," lanjut Yogi.

Terakhir Yogi menambahkan, saat ini pihak bandara telah melakukan berbagai upaya pencegahan, seperti melakukan pemeriksaan penumpang menggunakan thermo gun, penyemprotan disinfektan, memasang marka social distancing untuk garbarata di Bandara SSK II.

"Insyaallah kami di bandara berupaya maksimal mencegah persebaran Covid 19," tutup Yogi.

[grc]