Siak Raih Predikat Kabupaten dengan Pembangunan Daerah Terbaik se-Riau

Gubernur Riau, Drs H Syamsuar menyerahkan piagam Predikat Kabupaten dengan Pembangunan Daerah Terbaik se-Riau kepada Bupati Siak, Alfedri.

SIAK SRI INDRAPURA - Pemerintah Kabupaten Siak ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Riau sebagai kebupaten dengan pembangunan daerah terbaik di Riau tahun 2019. Penetapan tersebut dikukuhkan dalam Keputusan Gubernur Riau nomor KPTS/663/II/2019 tentang Penetapan Pemenang Pembangunan Daerah Provinsi Riau, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan.

Dalam penilaian, Kabupaten Siak ditetapkan sebagai kabupaten terbaik peringkat pertama dengan nilai 8,27. Setelahnya diperingkat dua menyusul Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Bengkalis diperingkat tiga. 

Atas pencapaian itu Kabupaten Siak akan mewakili Provinsi Riau dalam seleksi Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Nasional tahun 2019.

Penghargaan tersebut diserahkan bersempena pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Daerah di Pekanbaru, yang dihadiri Bupati dan Walikota dari Kabupaten dan Kota se - Riau, serta pimpinan OPD lingkup Provinsi Riau, di Premiere Hotel Kamis pagi (28/3/2019).

Rapat Musrenbang tersebut dipimpin oleh Gubernur Riau Syamsuar didampingi Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution yang turut hadir Ketua DPRD Riau Septina Primawati Rusli, Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri dan Deputi Bappenas. 

"Alhamdulillah hari ini Pemerintah Kabupaten Siak menerima Penghargaan  Pembangunan Daerah Provinsi Riau Tahun 2019 sebagai Peringkat Terbaik I Kategori Kabupaten dari Bapak Gubernur. Apresiasi setinggi-tingginya diberikan kepada pihak-pihak terkait yang telah melaksanakan tugas dan pekerjaan dalam pembangunan tepat waktu sesuai ketentuan," kata Alfedri usai menerima penghargaan dari Gubernur Riau, Syamsuar.

Alfedri juga mengatakan Pemkab Siak dalam Musrenbang mengajukan sejumlah usulan terkait rencana pembangunan daerah kedepan sesuai dengan skala prioritas nasional, misalnya dalam hal pembenahan infrastruktur terkait dengan jalan provinsi yang perlu pemeliharaan dan perawatan. 

Demikian juga kata dia, terkait peningkatan infrastruktur dalam kawasan strategis, kawasan industri, kawasan pariwisata, dan kawasan pertanian.

"Untuk bidang perekonomian juga diperlukan peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Siak seperti di Kecamatan Bungaraya, Sabak Auh, Sungai Mandau dan Sungai Apit. Dibidang pariwisata, tahun 2020 mendatang kita melanjutkan usulan perpanjangan rute Tour de Siak, yang akan direncanakan se-Riau hingga keluar Negeri," ungkap Alfedri.

Selain itu, Alfedri juga mengatakan telah mengusulkan rencana pembangunan fasilitas pelayanan kesehatan berupa lanjutan pembangunan Puskesmas Kandis, Lubuk Dalam dan Sabak Auh, pembangunan gedung baru Puskesmas Kampung Mengkapan dan Kecamatan Kandis, serta pembangunan Rumah Sakit Tipe D untuk Kandis dan Sungai Apit.  

"Untuk usulan ke Provinsi terkait pendidikan, Pemkab Siak mengusulkan penambahan ruangan kelas baru dan rehabilitasi ruang kelas untuk tingkat SMA dan SMK sederajat, khususnya untuk Kecamatan Kandis dan Tualang. Selain itu dibidang pertanian kita juga minta dukungan provinsi dalam hal perluasan areal persawahan," tutupnya.

[grc]
loading...