Sidak Harga Komoditi Pokok di Pasar Belantik, Disperindag Temukan Pedagang Gunakan Timbangan Tak Standar

SIAK SRI INDRAPURA - Untuk memantau kenaikan harga beberapa komoditi bahan pokok masyarakat di Kabupaten Siak, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) melakukan sidak di Pasar Belantik Raya yang berada di Kecamatan Siak, Selasa pagi (7/5/2019).

Sidak tersebut dipimpin Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Siak Wan Ibrahim Surji didampingi oleh Kasi Metrologi, Kasi Pengawasan Perdagangan serta Kasi Pemantauan Distribusi. 

"Tujuan dari sidak yang kami laksanakan ini, untuk memantau perkembangan harga komoditi bahan pokok masyarakat khususnya dibulan Ramadhan," Kata Wan Ibrahim.

Dari sidak tersebut kata dia, diketahui bahwa untuk komoditi harga bawang putih mengalami kenaikan dari sebelumnya 40.000-45.000 ribu rupiah perkilogram menjadi 55.000–60.000 rupiah perkilogram. 

"Kenaikan harga tersebut diperkirakan karena minimnya stok dari distributor, ditambah meningkatnya permintaan pada Bulan Ramadhan," jelas Kadis Perindag itu. 

Selain itu, Wan juga menyebut beberapa komoditi cenderung mengalami fluktuasi naik turun harga, seperti misalnya daging sapi murni. 

Pada sidak sebelumnya harga daging sapi murni mengalami kenaikan yaitu dari harga 120.000 ribu rupiah menjadi 150.000 ribu rupiah. Namun pada hari berikutnya kata dia harga daging sapi turun kembali ke kisaran 120.000-130.000 perkilogram.

"Selain daging sapi murni, harga bawang merah dan cabe merah juga berfluktuasi," sebutnya. 

Selain memantau perkembangan harga komoditi pokok masyarakat, dalam sidak tersebut juga didapati pedagang yang masih menggunakan 6 unit timbangan yang tidak terstandarisasi.

[grc]
loading...