Sisir Tempat Hiburan Malam, Satpol PP Kepulauan Meranti Amankan Puluhan Kaleng Minol

SELATPANJANG - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kepulauan Meranti, Riau mengamankan puluhan kaleng minuman beralkohol (minol) berbagai merek di sejumlah tempat hiburan malam di Kota Selatpanjang, Kamis (31/10/2019) dinihari.

Kepala Satpol PP Kabupaten Kepulauan Meranti, Helfandi SE MSi, didampingi Kepala Bidang Penegak Perda, Piskot Ginting dan Kepala Bidang Operasi, Wira Gusfian, mengungkapkan bahwa, upaya ini dilakukan karena tempat hiburan malam itu memperjualbelikan miras tanpa izin dan melanggar peraturan.

Helfandi, mengatakan minuman beralkohol tersebut amankan dalam Operasi Cipta Kondisi. Dia juga menuturkan penertiban tersebut sebagai bentuk penegakan peraturan daerah (Perda) Kepulauan Meranti Nomor 5 tahun 2019 tentang Ketertiban Umum.

"Satpol PP dalam hal ini bertugas sebagai penegak Perda akan berusaha menertibkan hal yang bersifat melanggar aturan. Dengan adanya Perda No 5 tahun 2019 yang baru di sah kan ini, tentunya kami lebih agresif dalam melaksanakan Perda sebagai payung hukum di daerah ini," kata Helfandi, Kamis (31/10/2019).

Dikatakan Helfandi, dalam Perda tersebut dijelaskan bahwa akan ada sanksi yang diterapkan jika melanggar ketentuan, dalam hal ini penertiban minuman beralkohol.

"Di dalam Perda tersebut, tepatnya pasal 22 tentang tertib minuman beralkohol ada sanksi yang mengatur. Jika melanggar pasal 1,2 dan 3, maka akan didenda sebesar Rp2 juta dan kurungan paling lama 3 bulan," kata Helfandi.

Terhadap miras yang telah diamankan akan dimusnahkan, namun mengingat Perda ini masih baru, Kasat Pol PP mengatakan pihaknya tetap memberikan toleransi kepada pengusaha untuk segera mengurus izin.

"Dalam aturannya, miras yang kita amankan ini bisa langsung dimusnahkan, namun kita tetap memberikan toleransi sembari menunggu mereka mengurus izin," ujar Helfandi.

Mantan Camat Tebingtinggi itu mengungkapkan penertiban itu dilakukan setelah menyisir beberapa lokasi peredaran minuman beralkohol.

"Ada sebanyak 76 kaleng minol yang diamankan dari dua tempat yang berbeda," pungkasnya.

[grc]
loading...