Status Covid-19 Naik ke Tanggap Darurat, Ketua DPRD Minta Pengalihan Anggaran Pekanbaru Dipercepat

PEKANBARU - Ketua DPRD Pekanbaru, Hamdani meminta Pemerintah Kota Pekanbaru mengalihkan anggaran 2020 yang tidak urgent ke anggaran pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Pasalnya, status pandemi virus Corona di Pekanbaru sudah naik dari siaga ke tanggap darurat.

"Kita meminta Pemko Pekanbaru untuk mengalihkan anggaran atau project yang belum terlalu urgent dilaksanakan agar dialihkan ke program tanggap darurat Covid-19," ujar Hamdani, Rabu (25/03/2020).

Hamdani mengatakan pengalihan anggaran tersebut sudah berdasarkan instruksi dari pemerintah pusat kepada daerah kabupaten maupun kota.

"Kita berharap bisa disusun, dan segera dieksekusi," katanya.

Hal ini juga, masih kata Hamdani, mengingat anggaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan juga Dinas Kesehatan (Diskes) sangat terbatas.

Kendati demikian, Hamdani menegaskan dalam peralihan anggaran hal tersebut harus dibarengi dengan aturan yang sangat jelas.

Terkait dengan rencana pembahasan pengalihan anggaran, politisi PKS ini menuturkan pihaknya akan berdiskusi dulu di DPRD sebelum melakukan pemanggilan kepada walikota ataupun dinas terkait.

"Ini juga sambil menunggu arahan dari pemerintah pusat, apa saja bahannya dan juga anggaran yang bisa dikategorikan," pungkasnya. (don)

[grc]