Sudah 90 Persen Masyarakat Kampung Laksamana Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

SIAK SRI INDRAPURA - Hampir 90 persen atau sekitar 875 orang warga Kampung Laksamana, Kecamatan Sabak Auh, Siak, Riau sudah terdaftar dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Mereka aktif sebagai anggota mandiri yang mengikuti program BPJS Jaminan Kematian dan BPJS Jaminan Kecelakaan kerja.

Hal itu diakui Penghulu Laksamana, Misbah dalam acara peletakan batu pertama pembangunan gedung Bumkam dan penyerahan santunan kematian kepada ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan tenaga honorer di kantor Camat Sabak Auh.

"Alhamdulillah, selain seluruh perangkat Kampung Laksamana, hampir 90 persen warga Kampung Laksamana juga sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Artinya, Kampung Laksamana ini sudah sadar BPJS," sebut Misbah, Kamis (8/8/2019).

Masih dikatakan Misbah, kedepannya, ia ingin perangkat kampung juga ikut dalam program jaminan hari tua. Dimana, program ini akan sangat bermanfaat sekali bagi perangkat desa yang sudah pensiun nantinya. 

"Antusias masyarakat untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan ini sangat tinggi. Namun sebagian masyarakat masih sangat awam soal prosedur klaim, untuk itu kami harapkan dapat disosialisasikan kepada masyarakat maupun instansi terkait seperti puskesmas," kata Misbah.

Camat Sabak Auh, Amin Soimin dan Bupati Siak, Alfedri sangat mengapresiasi bantuan pembangunan gedung Badan Usaha Milik Kampung (Bamkam) Laksamana melalui dana CSR BPJS Ketenagakerjaan Cabang Siak. 

"Gedung ini akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kinerja usaha Bamkam serta membantu masyarakat dalam kegiatan usaha ekonomi. Semoga Kampung Laksamana dan Pinang Sebatang Timur di Tualang menjadi juara tingkat nasional sebagai Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan," ujar Bupati Siak.  

Ditengah acara, Bupati Siak Alfedri didampingi Camat Sabak Auh Amin Soimin serta Asisten Deputi Wilayah Bidang Wasrik dan Manajemen Resiko, Rasidin dan Pimpinan Kantor Cabang Pembantu Yusuf Delfi memberikan santunan kematian secara simbolis kepada Saodah sebagai ahli waris dari Jamil (alm) yang merupakan honorer Kantor Camat Sabak Auh. 

Dikatakan Rasidin, sejak 2017 di Siak sudah ada Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan, yakni di Kampung Buantan Lestari, Kecamatan Bungaraya, tahun 2018 di Kampung Tualang, Kecamatan Tualang yang masuk nominasi 10 besar tingkat nasional. 

"Alhamdulillah tahun ini ada dua kampung lagi yang akan dilaunching yakni Kampung Laksamana dan Kampung Pinang Sebatang Timur, Kecamatan Tualang. InsyaAllah akan dilaunching 14 sampai 25 Oktober 2019. Harapan kita ini bisa mendapat juara 1, 2 atau 3 tingkat Nasional," kata Rasidin.

Rasidin juga menjelaskan manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jika saat ini sudah 2 program jaminan yang diikuti masyarakat Laksamana, kedepannya diharapkan masyarakat dapat mengikuti program Jaminan Hari Tua.

"Dari dua program yang sudah diikuti, peserta cukup menambahkan 20 ribu rupiah untuk mengikuti program jaminan hari tua. Hari ini selain menyerahkan santunan kematian senilai 24 juta rupiah untuk ahli waris peserta, kita juga akan melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan gedung Bamkam Laksamana," sebut Rasidin.

Acara tersebut juga dihadiri jajaran direksi BPJS Ketenagakerjaan, Kepala Bidang Kepesertaan Progsus (program khusus) BPJS Ketenagakerjaan Kantor cabang Pekanbaru Kota, Ocky Olivia, Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Kota, M Oloan, Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Siak, Yusuf Delfi.

[grc]