Tahanan Rutan Kelas II B Siak Diduga Jebol Pintu Lapas, Polisi dan TNI Lakukan Pengamanan Ketat

PEKANBARU - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II Kabupaten Siak di Provinsi Riau, Sabtu (11/5/2019) dinihari dikabarkan terjadi kerusuhan. Diduga sejumlah tahanan telah menjebol pintu lapas (lembaga permasyarakatan). Untuk mengantisiapasi dan melakukan penghadangan, personil Polres Siak dibantu anggota Kodim 0303 Bengkalis melakukan penjagaan ketat di lokasi kejadian.

Informasi yang dihimpun GoRiau.com, sejumlah warga mendengar letusan senjata api dari dalam lapas yang dihuni sekitar 648 orang tahanan dan narapidana. Warga sekitar yang mendengar ada kegaduhan di dalam lapas langsung menjauh dan tidak lama mobil polisi berdatangan melakukan pengamanan disekitar lapas.

Polisi dan TNI saat ini masih melakukan penyisiran disekitar Rutan Siak Kelas II B, mengantisipasi adanya dugaan tahanan yang melarikan diri. Warga sekitar yang berusaha mendekati lokasi kejadian pun dihalau untuk tidak mendekat.

Kapolres Siak, AKBP Ahmad David saat dikonfirmasi GoRiau.com mengatakan dengan singkat masih melakukan upaya pengamanan ketat dan penyisiran lokasi sekitar rutan.

"Kita masih kerja. Nanti ya kita info lagi," kata AKBP Ahmad David singkat.

Rutan Kelas II B Siak terletak di Kota Siak ini memiliki kapasitas 128 orang, namun dihuni 648 orang. Pada bulan Mei 2019 ini tercatat ada 159 orang tahanan dan 489 orang narapidana.

Hingga berita ini diterbitkan belum ada keterangan resmi dari Kepala Rutan Kelas II B Siak dan Polisi, serta TNI bersenjata lengkap masih berjaga-jaga di lokasi kejadian.

[grc]
loading...