Tak Boleh Hanya Sekedar Nama, Pengurus GPMB Riau Harus Jadi Penggerak Komunitas di Masyarakat

PEKANBARU - Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Riau menggelar pelantikan dan pengukuhan pengurus daerahnya untuk periode 2019-2023, Kamis malam, (30/10/2019). Dalam acara itu, dihadiri oleh Ketua umum PP GPMB Tjahjo Suprajogo, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau Rahima Erna serta tokoh literasi yang dikenal dengan Gol Agong.

Usai pelantikan ini, para pengurus diharapkan akan mampu mendorong dan mengembangkan budaya membaca di Provinsi Riau. Tjahjo mengatakan, GPMB harus mampu menjadi penggerak komunitas didalam masyarakat.

"Selamat kepada para pengurus yang sudah dilantik pada hari ini. Saya ingatkan jangan sampai hanya sekedar nama, karakteristik GPMB adalah komunitas, relawan, maka spiritnya harus menjadi relawan penggerak komunitas didalam masyarakat," ujar Tjahjo.

Ia mengingatkan, GPMB yang merupakan lembaga nonprofit yang dibentuk sejak tahun 2001, berfungsi sebagai wadah bagi masyarakat yang peduli untuk menggerakkan minat baca dan budaya gemar membaca masyarakat di Indonesia, khususnya di Riau.

"Setelah dilantik, GPMB di Riau jangan hanya sekedar nama. Kita harus punya komitmen melaksanakan janji kita sesuai visi dan misi yang telah kita bentuk, harus konsisten, dan selalu mampu berkolaborasi dan berkreativitas," paparnya.

Adapun dalam agenda ini, dilantik sebagai Ketua GPMB Riau, yakni Muflih Helmi dan Eddy Syahrizal sebagai wakil ketua.

[grc]
loading...