Tim Satgas Karhutla Kepulauan Meranti Laksanakan Upacara di Lokasi Kebakaran

SELATPANJANG - Pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI bisa dilaksanakan dimana saja, seperti yang dilakukan oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) gabungan pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terdiri dari anggota BPBD Kepulauan Meranti dan personil kepolisian Polres Kepulauan Meranti menggelar Upacara HUT Kemerdekaan ke-74 RI di lahan bekas kebakaran Desa Insit, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kepulauan Meranti, Riau.

Personil gabungan masih melakukan pendinginan 5 hektare lahan yang terbakar di daerah tersebut. Meski sinar matahari pagi cukup terik, ditambah aroma gambut yang terbakar nan cukup menyengat hidung, tak menyurutkan keinginan puluhan anggota pemadaman untuk tetap melaksanakan upacara.

Walaupun harus dilaksanakan di tengah lahan yang terbakar, upacara yang dipimpin oleh Kapolsek Tebing Tinggi Barat, Iptu Bonardo Purba itu tetap berlangsung khidmat.

Kegiatan upacara dilaksanakan dengan sangat sederhana. Para peserta upacara juga tampak masih mengenakan pakaian seragam pemadam kebakaran.

Sementara itu, bendera merah putih dikibarkan dengan cara diikat langsung ke sebatang kayu yang dipancang di atas tanah. Lagu Indonesia Raya dikumandangkan para personel dengan lantang. Setelah itu, para personel juga menggelar doa bersama.

Kapolsek Tebing Tinggi Barat, Iptu Bonardo Purba memaparkan, pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ini sengaja dilaksanakan di tengah lokasi kebakaran. Hal ini katanya, juga menjadi bentuk rasa cinta personel penanggulangan Karhutla terhadap NKRI.

Dikatakan Purba, Selain dihadiri Kasat Samapta Polres Kepulauan Meranti, AKP Hermanto, upacara ini juga diikuti personil Polsek Tebing Tinggi Barat berjumlah 15 orang, personil Sat Samapta Polres Kepulauan Meranti berjumlah 7 orang, dan personil BPBD berjumlah 5 orang.

"Tujuan kami melakukan upacara disini adalah untuk merayakan kemerdekaan walaupun dalam kondisi bekerja dan jauh dari rekan- rekan dan keluarga. Sampai hari ini 17 Agustus kita masih melakukan upaya pemadaman di sini. Lewat upacara peringatan HUT kemerdekaan ini, kita jadikan momentum untuk terus membakar semangat seluruh anggota," tuturnya.

Setelah selesai upacara, anggota ini pun langsung kembali bertugas. Saat ini, lokasi itu masuk dalam tahap pendinginan hingga dipastikan api benar-benar padam.

[grc]
loading...