Tingkatkan Minat Warga Siak Berbelanja di Pasar, Alfedri Genjot OPD Terkait Lakukan Program Pusat

TANGERANG -  Plt Bupati Siak Alfedri hadiri acara Pasar Rakyat Award 2019 sekaligus rapat kerja Kementerian Perdagangan, peresmian pasar rakyat dan pemberian penghargaan di Garuda Exhibition Hall 3A Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kota Tanggerang, Selasa (12/3/2019).

Acara yang ditaja oleh Kementerian Perdagangan tersebut, dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dihadiri oleh seluruh Kepala Daerah, beserta kepala Dinas pasar dan pengurus pasar se Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa untuk Stabilitas harga pokok dan ketersediaan bahan pokok, negara Indonesia hanya mengalami inflasi pada tahun 2018 sebesar 3.13, dan inflasi bahan makanan sebesar 3.t41.

Kemudian, untuk pertumbuhan expor, ditahun 2018 meningkat menjadi 20 persen  dari 15 persen pada 2017. Komposisi barang impor di 2018, terbagi 75 persen barang baku, barang modal 16 persen serta baku baku 75 persen.

"Dari tahun 2015-2018, pembangunan dan revitalisasi pasar mencapai 4.211 pasar rakyat, sementara ditahun 2019 pemerintah melalui Kementerian Perdagangan akan menargetkan membangun dan revitalisasi pasar rakyat berjumlah 1.037", jelas Menteri Perdagangan. 

Saat ditemui seusai acara, Plt Bupati Siak Alfedri mengatakan saat membuka Rakernas, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan agar pasar offline tidak tertinggal dengan pasar online, oleh karena itu, diupayakan perbaikan ekosistem offline dan ekosistem online. 

"Untuk meningkatkan minat masyarakat agar berbelanja di pasar, Presiden berpesan agar pasar di setiap daerah itu bersih, sehat, tersedia tempat parkir dan tidak bau. Ini akan meningkatkan minat masyarakat untuk berbelanja di pasar", kata Alfedri menyampaikan pesan Orang nomor satu di Indonesia tersebut. 

Selain itu, kemasan produk juga dibenahi, merek dan juga brand dari produk juga harus jelas dan bisa menarik konsumen, supaya bisa meningkatkan minat masyarakat untuk membeli atau bertransaksi di pasar.

"Terkait dengan harga jual kebutuhan pokok, Alhamdulillah, untuk di Kabupaten Siak selalu dipantau oleh Dinas pasar, ini bertujuan untuk menstabilkan harga", ucap Alfedri. 

Diakhir Rakernas ini, Presiden RI Joko Widodo beserta Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meresmikan 600 pasar rakyat yang di bangun maupun di revitalisasi pada tahun 2018, termasuk pasar Rakyat Tuah Raja yang berada di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. (Rls)

[grc]
loading...