Tingkatkan Pelayanan Publik, PN Pekanbaru Canangkan Zona Integritas

Pencanangan Zona Integritas di PN Pekanbaru.

PEKANBARU - Kepala Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Bambang Myanto SH MH mengatakan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, PN Pekanbaru mencanangkan Zona Integritas. Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan publik.

Turut hadir dalam pencanangan zona integritas itu, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto, Kajari Pekanbaru Suripto Irianto SH, Dandim 0301 Pekanbaru, Ketua Pengadilan Agama Pekanbaru, Kalapas Klas II A Pekanbaru, para hakim, advokat dan undangan lainnya

Acara pencanangan zona integritas diawali dengan pembacaan ikrar bersama seluruh hakim dan pegawai di lingkungan PN Pekanbaru. Ikrar ini dipiimpin Ketua PN Pekanbaru Bambang Myanto SH.

Usai pembacan ikrar bersama, Bambang kepada jajarannya mengharapkan agar lebih bekerja tanpa adanya korupsi. Pelayanan terhadap publik lebih ditingkatkan. "Harus ada perubahannya. Apakah meningkat atau tidak," kata Bambang.

Diungkapkan Bambang, pencanangan zona integritas ini merupakan langkah awal. Selanjutnya akan ada tim dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur-Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yang akan memberikan sertifikasi.

"Untuk standar internal dari Badan Peradilan Umum (Badilum) Mahkamah Agung, kami telah banyak memiliki akreditasi. Tentunya kami juga ingin sertifikasi dari instansi lain yakni dari Kemenpan," ujar Bambang.

Menurutnya, PN Pekanbaru telah meraih predikat rangking dua nasional untuk Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan peringkat empat nasional untuk peradilan elektronik (e-court). Terakhir, PN Pekanbaru ditunjuk Mahkamah Agung ikut andil dalam stand Kampung Hukum pada Laporan Tahunan (Laptah) 2019 baru-baru ini.

Pencanangan Zona Integritas ini dijelaskan Bambang, dalam rangka menciptakan PN Pekanbaru sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). "Jadi kami bertekad jika PN Pekanbaru merupakan wilayah yang bebas korupsi," tegasnya.

Sementara Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru Ayat Cahyadi, mengapresiasi langkah yang diambil jajaran PN Pekanbaru. Menurutnya, pencanangan zona integritas ini merupakan sinergi dengan visi misi Pemko Pekanbaru.

"Apa yang dilakukan PN Pekanbaru ini sudah sangat luar biasa. Ini dengan banyaknya mendapat akreditasi nasional," sebut Ayat.

Wawako berharap, dengan prestasi yang dimiliki PN Pekanbaru tentu akan memberikan semangat bagi jajaran PN Pekanbaru dalam memberikan pelayanan publik.

"Mudah-mudahan, setelah pencanangan zona integritas ini PN Pekanbaru akan menjadi juara satu," ungkap Ayat.

Selain pencanangan zona integritas ini, juga dilakukan penandatanganan piagam bersama yang dilakukan oleh Ketua PN Pekanbaru, Wawako Pekanbaru, Kapolresta Pekanbaru dan DAndim 0301 Pekanbaru. Kemudian juga penandatanganan kesepakatan persidangan antara PN Pekanbaru, Polresta Pekanbaru, Kejari Pekanbaru, dan Lapas Pekanbaru.

[grc]
loading...