Titik Panas di Riau Kembali Bermunculan Saat Musim Penghujan

PEKANBARU - Meski sudah memasuki musim penghujan, Provinsi Riau ternyata belum bisa beristirahat sejenak dari bayang-bayang kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pada Jumat (8/11/2019) pagi ini saja, citra satelit Terra Aqua telah mendeteksi sebanyak 19 titik panas (Hotspot) tersebar di Riau.

Kabid Data dan Informasi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikas (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Marzuki mengatakan, bahwa Pulau Sumatera kembali membara dengan terdeteksinya sebanyak 546 hotspot yang berada di tingkat level kepercayaan di atas 50 persen pada Jumat pagi ini.

Di mana, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menajdi daerah terhanyak penyumbang hotspot sebanyak 287 titik. Diikuti Lampung 96 titik, Bangka Belitung 50 titik, Sumatera Barat 41 titik, Jambi dan Bengkulu masing-masing 21 titik, Riau 19 titik, dan Sumatera Utara sebelas titik.

"Riau menyumbang 19 titik panas yang tersebar di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) enam titik, Siak empat titik, Pelalawan dan Indragiri Hulu (Inhu) masing-masing tiga titik, Kampar dua titik dan Rokan Hulu (Rohul) satu titik," kata Marzuki di Pekanbaru, Jumat pagi.

Sedangkan, jumlah titik panas di Riau yang berada di tingkat kepercayaan di atas 70 persen atau diduga sebagai api ada sebanyak tujuh titik.

"Tujuh titik yang diduga titik api ini berada di Inhil tiga titik, Kampar dan Inhu masing-masing dua titik," ujarnya.

Lalu untuk prediksi hujan, sejumlah wilayah pesisir di Provinsi Riau berpotensi akan diguyur hujan hingga pukul 12.00 WIB, Jumat (8/11/2019) siang nanti. Yang mana, hujan diprediksi akan mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, Kota Dumai, Indragiri Hilir (Inhil), dan Indragiri Hulu (Inhu).

"Wilayah Meranti, Dumai, Inhil dan Inhu berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Dapat disertai petir dan angin kencang," ungkapnya.

Kemudian, sore hingga Malam harinya diprediksi cerah berawan dengan berpotensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Rokan Hilir (Rohil) dan Inhu.

Hingga dini hari masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Rohil, Rohul, Bengkalis, Kampar, Kepulaian Meranti, Pelalawan dan Inhu.

"Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Rohil, Bengkalis, Pelalawan pada sore hingga malam dan dini hari," tukasnya.

[grc]
loading...