Viral Video Susun Piring Cepat ala Santri, Netizen: Jorok, Kasihan yang Dapat Paling Bawah

JAKARTA - Sebuah video yang beredar di media sosial Instagram mengundang perdebatan di kalangan netizen. Video tersebut menunjukkan para santri sedang sibuk menyusun piring.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @viral_berita, Senin (15/7/2019), terlihat beberapa santri duduk di lantai secara bergiliran mengoper piring-piring berisi makanan kepada santri lainnya yang bertugas menyusun piring-piring tersebut.

Mereka nampak piawai saling bekerja sama sehingga pekerjaan menyusun ribuan piring itu menjadi terasa cepat. "Cara cepat susun piring ala pesantren," demikian bunyi keterangan video.

Namun, aksi mereka justru menuai perdebatan di kalangan warganet perihal faktor kebersihan dari makanan yang disajikan di piring itu.

Beberapa warganet meragukan kebersihan makanan tersebut, lantaran pantat piring yang sebelumnya mengenai lantai justru ditumpuk satu sama lain mengenai makanan yang berada di bawahnya. Namun, sebagian netizen juga memuji kepiawaian para santri itu dalam menyusun piring dengan cepat.

"Jorok tp min, pantat piring habis kena lantai ditumpuk2 kena makanannya.. kasian yang dpt bagian paling bawah," tulis pemilik akun @ruthsri9.

"Makanannya apa gak kotor kalau ditumpuk begitu," timpal @julianto_frst

"Pake ilmu kanuragan," tulis akun @ika.cahyanirocketm.

(put)