Wabup Kuansing Halim Bongkar Rahasia Jadi Konsumen yang Cerdas

Wabup Halim bersama Kepala Kopindag UKM Azhar dan Kabag Ekonomi Irwan Nazif saat menghadiri peringatan Harkonas 2019.

TELUKKUANTAN - Masyarakat Kuantan Singingi (Kuansing), Riau harus menjadi konsumen yang cerdas. Dimana, masyarakat harus paham dengan hak-haknya sebagai konsumen yang dilindungi undang-undang.

Hal itu disampaikan Wabup Kuansing H. Halim usai menghadiri peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun 2019 di Bandung, Selasa (19/3/2019).

"Konsumen adalah subjek dari penentu ekonomi dan masyarakat harus menjadi konsumen yang cerdas dan cinta produk dalam negeri," ujar Halim didampingi Kepala Kopindag UKM Azhar dan Kabag Ekonomi Irwan Nazif.

Menurut Halim, tidaklah sulit bagi masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas. Masyarakat hanya perlu memperhatikan beberapa hal sebelum berbelanja.

"Sebelum membeli, lihat dulu tanggal kadaluarsanya. Masyarakat harus teliti, baik melihat tanggal kadaluarsa sampai ke keasliam barang," ujar Halim.

Selanjutnya, belilah barang yang sangat dibutuhkan. Halim meminta masyarakat untuk tidak membeli barang karena tergiur dengan potongan harga yang cukup besar. Padahal, barang tersebut tidak dibutuhkan.

"Konsumen yang cerdas memiliki tanggungjawab sosial dengan cara membeli produk dalam negeri. Cintailah produk dalam negeri dengan cara membelinya," kata Halim.

[grc]
loading...