Wabup Said Hasyim Ajak Masyarakat Lakukan Aksi Nyata Bangun Negeri

SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs. H. Said Hasyim, bertindak sebagai inspektur ucara peringatan Hari Pahlawan tahun 2019. Pada kesempatan itu, wabup berpesan kepada masyarakat untuk terus kobarkan semangat kebangsaan dengan senantiasa melakukan aksi nyata membangun bangsa, bertempat di Halaman Kantor Kepulauan Bupati Meranti, Minggu (10/11/2019) pagi.

Hadir dalam upacara itu, anggota veteran pejuang kemerdekaan, Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Ardiansyah dan anggota, Kapolres AKBP. Taufik Lukman Nurhidayat, Wakapolres Kompol. Irmardison, Pabung Kodim Bengkalis Kompol. P. Girsang, Danposal Lettda Laut Jerry Hendra, Asisten I Sekdakab Meranti Samsuddin SH MM, Danramil Selatpanjang Kompol. Irwan, Kadis Sosial Meranti, Agusyanto, jajaran pejabat eselon II dan III dilingkungan Pemkab Meranti, perwakilan KPU Meranti, tokoh masyarakat/agama, serta peserta upacara dari PNS, TNI dan Polri. 

Bertindak sebagai komandan upacara, Kasat Binmas Polres Meranti AKP. Jufri SH, perwira upacara Kompol. Areng Suwarsono, pengibar bendera Purna Paskibraka Kepulauan Meranti.

10 November 1945 merupakan tanggal bersejarah bagi bangsa Indonesia karena mengingatkan kita kembali pada salah satu pertempuran terbesar sepanjang sejarah Indonesia dalam melawan penjajahan belanda untuk mempertahankan kemerdekaan. Hal itu sekaigus memperlihatkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia memiliki kekuatan yang berasal dari semangat juang yang tinggi.

Berangkat dari peristiwa itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs. H. Said Hasyim, dalam pidatonya sebagai inspektur upacara sempena peringatan Hari Pahlawan 2019, mengingatkan kepada seluruh peserta upacara dan masyarakat bahwa kemerdekaan Indonesia tidak datang begitu saja tetapi melalui berasal dari perjuangan gigih para pahlawan. Untuk itu ia mengajak kepada kita semua untuk lebih menghargai jasa para pahlawan karena menurutnya bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawan.

Saat ini, dikatakan wabup perjuangan itu harus terus dilanjutkan oleh para pejuang masa kini dengan cara senantiasa melakukan aksi nyata seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi, anarkis dan menyebar berita bohong.

Perjuangan tidak hanya dilakukan dengan berperang tapi juga dapat dilakukan dengan menorehkan prestasi cemerlang diajang Internasional yang mampu mengharumkan nama bangsa selain itu terus menjaga kedaulatan NKRI sampai akhir hayat.

"Jangan kita biarkan perjuangan pahlawan terdahulu rusak karena saling hasut dan konflik satu sama lain, mari kita bersatu padu untuk berkerjasama membangun negeri," ujar Wabup H. Said Hasyim.

Terakhir, wabup berharap peringatan Hari Pahlawan kali ini jangan hanya sekedar seremonial belaka tapi harus diwujudkan dengan tindakan saling perduli satu sama lain, untuk itu meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa berupaya memupuk semangat kebangsaan agar terus berkobar dihati sanubari. 

"Semoga keutuhan NKRI yang diperjuangkan para pahlawan terdahulu dapat terjaga sampai kapanpun," harapnya.

Kegiatan peringatan upacara Hari Pahlawan 2019, dilingkungan Pemkab Meranti yang berlangsung hikmat ditutup dengan kegiatan silaturahmi, salam-salaman dan foto bersama antara Pemkab Meranti, forkopimda dan para veteran.

Rangkaian peringatan Hari Pahlawan diakhiri dengan upacara singkat di Makam Pahlawan Kusuma Bangsa yang dipimpin oleh Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP. Taufik Nur Hidayat dengan komandan upacara Danposal Selatpanjang Lattu. Laut. Jerry Hendra yang dilanjutkan dengan tabur bunga dimakam pahlawan. (rls)

[grc]
loading...