Wujudkan Kota Bersih dan Asri, Program Penghijauan di Pekanbaru Seharusnya Mulai Dilakukan

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, seharusnya sudah mulai melakukan penghijauan dengan menanam pohon di sejumlah titik di Kota Bertuah. Penanaman pohon ini tidak hanya untuk memperindah suasana kota, tetapi juga sebagai cara untuk mengatasi banjir dan mengurangi pencemaran lingkungan.

Demikian disampaikan oleh salah seorang tokoh masyarakat Kota Pekanbaru, Taufik Arrakhman. Menurutnya, pemko bisa melakukan penghijauan dan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan kehutanan.

"Penghijauan ini harusnya mulai dilakukan, pemko bisa mendapatkan bibit-bibit pohon dari perusahaan. Bibit inilah yang kita tanam dan nantinya akan memperindah suasana kota, maupun untuk penahan air jika ada banjir," kata Taufik, Minggu (3/11/2019).

Tidak hanya penghijauan, ia juga menyarankan agar pemko Pekanbaru untuk segera melakukan perbaikan sejumlah drainase tempat pembuangan air. Sebab, seperti yang diketahui, Provinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru sudah memasuki musim penghujan.

"Yang pasti ini kerjasama dari semua pihak, masyarakat tidak membuang sampah pada tempatnyaDan pemerintah yang mengelola drainase tempat pembuangan air. Karena memang saat ini Riau sedang dalam musim penghujan," tutur mantan anggota DPRD Riau tersebut.

[grc]
loading...