oleh

Jangan Abaikan 5 Tanda Sepele Ini, Bisa Jadi Gejala Kanker

KEBANYAKAN orang sangat takut akan penyakit kanker. Hal ini karena kanker merupakan penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian, tapi tidak sedikit pula penderita kanker yang sukses melawan penyakit tersebut.

Penyakit kanker dapat menjadi parah karena terlambatnya penanganan awal dan gejala-gejala umum yang mungkin terabaikan. Menurut American Cancer Society (ACS), kanker dapat terjadi di mana saja pada bagian tubuh dan dibarengi ‘hampir semua’ gejala. Melansir dari Thisisinsider, Minggu (25/2/2018) berikut adalah gejala umum yang biasanya timbul sebagai gejala kanker.

banner 300x250

1.Kelelahan tidak beralasan

Berhati-hatilah ketika Anda mengalami kelelahan tidak beralasan. Dua dokter onkologi, Ioana Bonta dan Marleens Meyers mencatat bahwa, kelelahan yang tidak dapat diatasi dengan istirahat merupakan gejala kanker yang sering diabaikan.

“Bila Anda mengalami kelelahan, saya sarankan untuk melakukan analisis,” kata Bonta.

Akan ada penjelasan untuk hal tersebut. Mungkin saja Anda kekurangan tidur atau Anda baru saja menjalani pengobatan. “Tapi jika semua baik-baik saja dan ini gejala baru, saya akan mengkhawatirkan hal tersebut,” ujar Bonta.

2. Terdapat benjolan di kulit

“Satu hal yang sering diabaikan adalah kanker kulit dan lesi kulit,” kata Meyers.

Meyers juga mengungkapkan bahwa kanker kulit tidak selalu terlihat jelek dan menyeramkan, terkadang mereka hanya terlihat seperti bintik merah muda kecil saja. Melanoma, merupakan jenis kanker kulit yang paling mematikan. Biasanya dapat terjadi di tempat yang aneh di tubuh, termasuk di bawah kuku jari Anda dan di bawah kuku jari kaki. Bonta menambahkan, untuk kanker kulit Anda harus memperhatikan kulit dan memperhatikan jika ada perubahan. Ini merupakan panduan mudah untuk mengantisipasi kanker kulit dari ACS.

3. Penurunan berat badan yang tidak jelas

Bonta mengatakan bahwa penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dapat menjadi gejala kanker. Apalagi jika Anda tiba-tiba kehilangan berat badan sebanyak 10 kilogram tanpa melakukan diet atau hal semacamnya, sebaiknya hubungi dokter. ACS mengatakan bahwa penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan paling sering terjadi pada kanker pankreas, perut, esofagus, dan paru-paru.

4. Ruam payudara

Benjolan adalah tanda paling umum kanker payudara, menurut ACS. Tapi itu bukan satu-satunya tanda. Perubahan kulit pada payudara Anda, termasuk ruam, iritasi, dimpling, dan puting bersisik, kemerahan, atau menebal juga dapat mengindikasikan adanya kanker.

5. Merasa cepat kenyang

Kanker ovarium sulit di deteksi pada tahap awal. Salah satu gejala yang mungkin terjadi adalah cepat kenyang, kata Bonta. Anda akan merasa kenyang padahal hanya makan sedikit makanan. Koalisi Kanker Ovarium Nasional memiliki daftar lengkap tanda dan gejala yang mungkin harus diketahui wanita.

(tam)