oleh

900 Proposal Bantuan Masuk, Baznas Rohil Gelar Diskusi Lintas Tokoh dan Ormas

BAGANSIAPIAPI – Hingga saat ini, sudah 900 proposal masuk melalui Baznas Rokan Hilir Riau. Jumlah itu terungkap saat digelarnya diskusi lintas tokoh dan ormas di Bagansiapiapi, Selasa (17/3/2020).

Ketua Baznas Rokan Hilir, Baharudin, Selasa (17/3/2020) mengungkapkan pihaknya sudah menerima 900 proposal permohonan bantuan penyaluran zakat yang dikelola Baznas. Zakat itu rencananya akan disalurkan kepada warga kurang mampu yang membutuhkan bantuan.

banner 300x250

Hadir pada diskusi tersebut M Mukim SAg (Koorwil Rohil GP Ansor Riau), Fauzi Gunawan SE (Ketua GP Ansor Rohil), Hamdani Murni (Sekretaris PD Pemuda Muhammadiyah Rohil), Fadli SE (Sekretatis Eksekutif Apdesi Rohil) dan Suriman (Pengurus PITI).

“Rencananya kita akan membafi tiga tahap penyaluran bantuan. Saat ini semua berkas pemohon ditelaah dan dipelajari,” ucap Baharudin saat diskusi berlangsung dan menyebutkan pihaknya tetap selektif agar penyaluran zakat ummat tersebut tepat sasaran kepada yang mustahak.

Baharudin menambahkan, petugas Baznas selain mencek administrasi pemohon juga akan melihat lansung kondisi calon penerima bantuan. “Jelas kami ke lapangan meninjau layak tak layaknya menerima bantuan untuk modal usaha atau biaya berobat calon penerima,” ujarnya.

Sementara itu M Mukim, Koordinator GP Ansor didampingi Fauzi Gunawan, Ketua GP Ansor Rohil menyebutkan disamping administrasi target penerima usaha produktif juga perlu diperhatikan jika bantuan modal usaha, penerima yang sudah pernah mendapatkan, tidak mendapatkan bantuan lagi.

Dengan bantuan modal bagi usaha produktif seperti pedagang kecil maka diharapkan support untuk mengembangkan usaha tesebut bisa membangkitkan ekonomi umat.

Sementara itu Sekretatis Eksekutif Apdesi dan Sekretaris PD Pemuda Muhamnadiyah Rohil Hamdani Murni menghimbau lurah atau penghulu untuk selektif dan teliti dalam mengeluarkan atau membuat surat keterangan tidak mampu (SKTM) atau surat miskin. “Cek, pantau dulu kondisi dan selektif sebelum menerbitkan surat tersebut,” tegasnya Fadli SE.

Data dari Baznas Rohil 1 tahun 3 kali penyaluran zakat kepada mustahak yang berasal dari 18 kecamatan meliputi bantuan usaha, beasiswa pelajar, mahasiswa, pengobatan, musibah kepada yang kurang mampu berkisar Rp2,5 juta atau sesuai dengan kemampuan yang Baznas Rohil dengan cara mengajukan surat permohonan atau profosal.