oleh

Lebih Separuh Jalan Lingkar Kota Bangkinang di Riau Amblas

PEKANBARU – Jalan Lingkar Kota Bangkinang di Kabupaten Kampar, Riau, amblas lebih dari separuh badan jalan. Jalan yang amblas tersebut diduga tergerus aliran air akibat intensitas curah hujan yang tinggi belakangan ini.

Jalan ini digunakan khusus kendaraan berat, seperti truk. Karena truk tidak boleh melintas ke dalam Kota Bangkinang.

banner 300x250

Informasi yang dihimpun GoRiau.com di lapangan, kondisi jalan tersebut mengkhawatirkan dan mengancam keselamatan pengemudi truk.

“Kalau hujan deras, kita khawatir melintas di jalan tersebut, karena bisa saja amblas. Kita berharap pemerintah segera memperbaiki jalan tersebut,” kata Robi, seorang sopir truk angkut tanah, Selasa (26/5/2020).

Plt Kepala Dinas PUPR-Tarukim Provinsi Riau, Taufiq Oesman Hamid saat dikonfirmasi GoRiau.com mengatakan, bahwa jalan tersebut akan segera diperbaiki tahun ini. Karena jalan tersebut merupakan jalan provinsi, sehingga menjadi tanggungjawab Dinas PUPR-Tarukim Riau.

“Tahun ini akan kita lelang. Kita juga sudah instruksikan kepala unit pelayanan teknis di sana untuk melakukan upaya perbaikan awal lebih dulu,” ungkap Taufiq.

Meskipun jalan pada pajur tersebut rusak, dikatakan Taufiq, jalan pada lajur sebelahnya masih bisa digunakan sehingga tidak ada alasan bagi pengemudi truk untuk melintas masuk ke dalam Kota Bangkinang.

“Truk tetap harus menggunakan jalan lingkar Kota Bangkinang tersebut. Karena lajur sebelahnya masih bisa digunakan. Apalagi volume truk yang melintas tidak terlalu banyak,” jelas Taufiq.