oleh

Masyarakat Kuansing Bisa Cetak Akte dan KK Sendiri, Berikut Caranya

TELUKKUANTAN – Masyarakat Kuantan Singingi (Kuansing), Riau semakin mudah dab cepat dalam mendapatkan Administrasi Kependudukan (Adminduk), seperti akte dan Kartu Keluarga (KK).

“Sekarang masyarakat sudah bisa cetak sendiri Adminduk dengan kertas HVS 80, kecuali KTP dan KIA. Dengan begini, masyarakat lebih mudah dan cepat mendapatkan Adminduknya,” ujar M. Refendi Zukman, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kuansing, Sabtu (11/7/2020) di Telukkuantan.

Agar mendapatkan layanan daring ini, masyarakat harus melampirkan alamat email saat mengurus Adminduk. Misalnya, jika ingin mengurus akte kelahiran atau akte kematian, masyarakat menyertakan alamat email dalam dokumennya.

“Nanti, kalau sudah selesai, petugas langsung mengirin ke alamat email tersebut. Kemudian, yang bersangkutan bisa cetak dimana saja dengan kertas HVS 80. Jadi, tak perlu bolak-balik ke Kantor Capil,” papar Refendi.

Khusus untuk KK, lanjut Refendi, saat ini masih dicetak dengan blanko lama, selama persediaan masih ada.

“Tapi, kalau ada masyarakat yang mau cetak sendiri dengan HVS juga tak masalah.

Dalam mengurus Adminduk ke Disdukcapil, Refendi menyarankan masyarakat untuk mengurus sendiri. Kemudian menyampaikan email ke petugas, sehingga masuk sistem saat input data.

“Kalau sudah masuk sistem, ketika Adminduk selesai otomatis terkirim ke email yang bersangkutan,” ujar Refendi.

Ditegaskan Refendi, masyarakat diwajibkan untuk menyampaikan alamat email saat mengurus Adminduk. Jika tak ada, maka sistem tidak bisa memproses.

“Nah, ini yang menjadi masalah. Masyarakat kita banyak tak punya email. Akhirnya pakai email petugas. Sebab, tanpa email, data di sistem tak bisa kita proses,” kata Refendi.

Untuk itu, ia mengimbau agar masyarakat Kuansing yang akan berurusan dengan Disdukcapil menyiapkan alamat email. Sehingga, Adminduk tersimpan secara digital.