oleh

Jelang Pilkada 2020, Syamsurizal Tinjau Persiapan KPU Meranti

SELATPANJANG – Anggota Komisi II DPR RI (Anggota Panja RUU Pemilu) masa persidangan IV Tahun Sidang 2019-2020 melakukan kunjungan kerja ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti, Senin (3/8/2020).

Syamsurizal mengungkapkan bahwa kunjungannya dalam rangka melihat sejauh mana kesiapan KPU Kepulauan Meranti dalam mengawal Pilkada serentak 2020.

banner 300x250

“Kunjungan kerja ini adalah bagian dari fungsi DPR RI untuk melakukan pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Kita menginginkan penyelenggaraan pemilu ini betul-betul dilaksanakan dan bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Diakui Syamsurizal, setelah melihat di beberapa tempat diluar negeri, penyelenggaraannya sangat bagus kemudian ini yang pelajari dan bagaimana itu bisa diwujudkan di daerah.

“Dengan begitu, sehingga bisa betul-betul menghasilkan pemimpin daerah yang bermoral, pemimpin-pemimpin daerah yang punya integritas membangun bangsa dan negara ini, punya sikap nasionalisme yang betul-betul teruji dalam hati nuraninya itu,” bebernya.

Tapi ini urusan partai, lanjut Syamsurizal, ketika partai mengusung calon yang tak selesai misalnya, tentu ini juga menjadi persoalan bagaimana kedepan KPU punya urusan untuk melakukan semacam coklit pencocokan dan penelitian terhadap calon-calon kepala daerah yang akan dipercayakan memimpin daerah itu.

“Bagaimana kita punya kekuatan KPU ini dalam pengecekan calon kepala daerah yang bermartabat, bermoral dan betul-betul bisa membawakan negeri ini menjadi negeri yang baldatun, thayyibatun warabbun ghafur,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid SPd, didampingi Kordiv Parmas dan SDM KPU Kepulauan Meranti, Hanafi SSos serta sejumlah staff lainnya mengungkapkan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan pihaknya menjelang Pilkada serentak 2020. Kemudian petugas coklit juga telah dilakukan rapid tes, mulai dari tingkat bawah yakni PPDP, PPS, PPK bahkan sampai di kantor.

“Kita ingin penyelenggara kita itu memang bersih atau jauh terpapar Covid-19. Ini perlu kita yakinkan juga kepada masyarakat karena yang untuk turun dan berhadapan dengan masyarakat terbebas dari Covid-19. Alhamdulillah telah dilaksanakan dan hasilnya non reaktif, artinya tidak terpapar Covid-19,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kunjungan kerja Anggota Komisi II DPR RI itu tidak hanya di kantor KPU tetapi juga di Kantor Bawaslu dan Polres Kepulauan Meranti.