oleh

Operasi Ketupat Lancang Kuning 2021, Polda Riau Kerahkan 1.200 Personel untuk Halang Masyarakat Mudik

PEKANBARU – Jika biasanya operasi Lancang Kuning dilakukan untuk memperlancar masyarakat saat mudik, kali ini Polisi kerahkan 1.200 personel untuk menghalangi masyarkat untuk mudik.

Larangan mudik itu sendiri dilakukan pemerintah bertujuan untuk menekan penyebaran Virus Covid-19, dan menjaga keamanan di tengah masyarakat.

banner 300x250

Khususnya Polda Riau, operasi Ketupat Lancang Kuning 2021, sudah digelar sejak hari ini, ditandai dengan gelar pasukan yang dilakukan oleh Polda Riau, dan Forkompinda Riau di halaman Gedung Mapolda Riau, Rabu (5/5/2021).

“Untuk pengamanan Operasi Ketupat Lancang Kuning tahun 2021 ini, kita kerahkan 1200 personil,” ujar Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendy, usai melaksanakan gelar pasukan Operasu Lancang Kuning 2021, Rabu siang.

Sebanyak 1200 personel dari jajaran Polda Riau itu akan difokuskan untuk menjaga penyekatan jalan, disetiap perbatasan kabupaten kota, atau provinsi.

Hal itu sesuai dengan aturan dan intruksi yang telah dikeluarkan pemerintah pusat untuk himbauan dilarang mudik pada lebaran tahun 2021.

“Sekarang ini, personil ditugaskan untuk penyekatan arus dilarang mudik disetiap perbatasan wilayah kota dan kabupaten bahkan provinsi. Dalam operasi ini, kita berharap kepada semua kerjasamanya untuk tidak mudik,” lanjutnya.

Selain petugas untuk berjaga di perbatasan, pihaknya juga menempatkan sebanyak 1006 personil Bhabinkhamtibmas disetiap Posko PPKM dimasing-masing wilayah. “Kegiatan Bhabinkhamtibmas ini dilakukan secara terpisah dari personil Operasi Ketupat,” tutupnya.