oleh

Masyarakat Bisa Swab PCR Gratis di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad, Ini Syaratnya

PEKANBARU – Untuk mempercepat proses skrinning pasien yang terindikasi Covid-19, Tim Satgas Penanganan Covid-19 di Riau kini telah mempermudah prosedur pemeriksaan swab PCR di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru, Riau.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 di Riau, dr Indra Yovie mengatakan bahwa masyarakat di Riau bisa mendapatkan pelayanan swab PCR gratis di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad dengan melampirkan surat pengantar dari Puskesmas dan Klinik Kesehatan.

banner 300x250

“Bagi masyarakat yang mengalami keluhan batuk pilek seperti Covid-19, silakan periksa ke Puskesmas dan klinik kesehatan terdekat. Nanti dokter tersebut akan memberikan surat pengantar agar pasien tersebut diberikan akses untuk PCR di Lab Biomolekuler RSUD Arifin Achmad,” kata Yovie saat menggelar konferensi pers di Posko Satgas Penanganan Covid-19, Gedung Daerah Provinsi Riau, Senin (11/10/2021).

Dengan demikian, pasien yang suspek Covid-19 tersebut dapat mengetahui cepat hasil pemeriksaan laboratoriumnya dan dapat mendapat pertolongan medis lebih lanjut apabila benar terkonfirmasi Covid-19.

“Jadi hari itu juga dapat diperiksa PCR dan keluar hasilnya. Nggak perlu menunggu lama. Intinya harus berbekal surat pengantar dari dokter tadi. Jadi tidak sembarangan datang, tidak untuk kepentingan pribadi juga,” tegasnya.

Ia juga menambahkan agar masyarakat tidak perlu ragu untuk memeriksakan diri, karena semua biaya penanganan pasien Covid-19 akan ditanggung oleh pemerintah.

“Biaya swab PCR dengan surat keterangan dokter tersebut gratis. Semisal nanti positif Covid-19 dan diisolasi, biaya penanganan pasien juga ditanggung pemerintah, jadi jangan khawatir,” jelasnya.

#M244571ScriptRootC1191910 { min-height: 300px;text-align:center; display:block;margin:15px 0 }