Jenazah Pekerja yang Tewas Tertimpa Crane di Proyek Tol Pekanbaru-Dumai Dibawa ke Samosir

PEKANBARU - Jenazah Aprianto Manik (23), pekerja yang tewas mengenaskan karena tertimpa crane di proyek Tol Pekanbaru-Dumai pada Senin (10/2/2020) kemarin, telah dibawa ke kampung halamannya di Samosir, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), pada Selasa (11/2/2020).

"Korban ini merupakan karyawan PT Grant Surya Pondasi (GSP). Info dari PT GSP yang koordinasi dengan keluarga korban, jenazah korban dihantarkan ke Samosir pada Selasa kemarin. Sehari setelah terjadi kecelakan kerja," kata Sekretaris Perusahaan HKI, Alfa Haga Rachmady kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Rabu (12/2/2020) malam.

Ia menjelaskan, bahwa kecelakaan tersebut memang terjadi di lokasi proyek yang sedang dikerjakan oleh HKI, yaitu seksi IV Tol Pekanbaru-Dumai. Yang mana saat itu, PT GSP yang merupakan rekanan HKI ini tengah memobilisasi alat menuju lokasi pekerjaan. Dan sesuai prosedur quality dan keselamatan HKI, diwajibkan untuk diselenggarakannya inspeksi bersama oleh HKI, vendor, konsultan dan pemilik pekerjaan untuk menilai kelayakan alat yang akan bekerja.

"Namun sebelum inspeksi tersebut dilakukan, alat disetting oleh korban, yang merupakan karyawan PT GSP, dan terjadilah kejadian yang tidak diinginkan tersebut. Kami sampaikan duka cita yang mendalam kepada korban dan keluarga," kata Alfa.

Saat kejadian tersebut, PT GSP pun langsung berkoordinasi dengan HKI dan pihak keluarga untuk melakukan evakuasi korban dan langkah lanjutannya sesuai dengan aturan dan prosedur yang ada.

"Untuk selanjutnya, kami menanti investigasi dari Disnaker terkait hal tersebut. Kami akan kabari segera jika perkembangan lebih lanjut," tutup Alfa.

[grc]