Komisi III DPRD Pekanbaru Datangi Posko Penanggulangan Penyebaran Covid-19

PEKANBARU - Rombongan Komisi III DPRD Pekanbaru mengunjungi posko penanggulangan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 yang berada di dalam area Mal Pelayanan Publik (MPP) Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Senin (23/03/2020).

Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru Yasser Hamidi mengatakan, dari pertemuan bersama Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru, DPRD memberikan beberapa masukan kepada pemerintah setempat.

"Tentunya dengan beberapa masukan ini pemerintah semakin bersemangat menyelesaikan penyebaran wabah Corona di Pekanbaru," kata Yasser.

Yasser juga menyebut Komisi III yang bermitra dengan Diskes sangat peduli dengan kondisi kesehatan yang ada di Pekanbaru, terutama untuk mencegah masyarakat terjangkit Covid-19.

"Kita berpesan kepada seluruh elemen masyarakat mulai dari tingkat RT dan RW, LSM, Partai dan seluruh komponen anak bangsa agar mengambil peran dan memberikan yang terbaik untuk sama-sama mengatasi penyebaran Virus Corona," tuturnya.

Sementara itu anggota Komisi III DPRD Pekanbaru, Jepta Sitohang menghimbau masyarakat untuk mengikuti seluruh arahan yang disampaikan oleh pemerintah.

Selain itu Jepta juga mengajak agar masyarakat untuk tetap berada dirumah apabila tidak ada urusan, lalu kemudian mengikuti aturan yang disampaikan oleh pemerintah supaya tidak tertular Virus Covid-19.

"Kita semua harus menjaga agar tidak terjadi seperti di Italia, karena mewabah nya sampai dengan kematian yang sangat banyak," ucapnya.

Anggota Komisi III lainnya Kartini juga menyampaikan hal serupa, agar seluruh masyarakat menjaga kesehatan dan memakan buah-buahan serta sayur-sayuran.

"Jika ada gangguan kesehatan yang menyerupai gejala Corona langsung segera ke rumah sakit," jelasnya.

Selanjutnya Anggota Komisi III lainnya, Tarmizi Muhammad menghimbau dan mewaspadai orang yang tidak dikenal dan hindari sementara kerumunan orang ramai.

"Ikuti petunjuk seperti menjaga jarak 1 meter, selain itu Corona ini sudah menjadi wabah dunia. Maka perbanyak berzikir dan juga berdoa semoga Allah jauhkan penyakit ini dari negeri kita," ujarnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Amin mengaku menerima segala bentuk masukan dari Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru.

"Akan kita cermati, dan selagi bisa kita terapkan dilapangan akan kita lakukan," tuturnya.

Dalam pertemuan tersebut, Amin juga sempat mengeluhkan kekurangan alat pelindung diri atau APD karena langkanya di pasaran. Jika pun ada, katanya, harga juga mulai mengalami kenaikan.

"Tapi mau bagaimana, mau tidak mau kita harus punya itu APD minimal di rumah sakit dan puskesmas, guna penanganan pasien di layanan kesehatan," papar Amin.

Disamping itu, Ia juga menyebut perlu upaya meningkatkan protokol areal publik. Ia mengajak semua pihak bisa terlibat dalam upaya penanganan.

"Jadi protokol ini untuk mengingatkan. Namun kita tetap minta masyarakat patuhi social distancing, karena itu tetap lebih penting," pungkasnya. (don)

[grc]