PWI Bengkalis Gelar UKW dan Peresmian Kantor

BENGKALIS- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bengkalis menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XIII dan XIV, Jumat (29/11/2019).

Pembukaan dihadiri Bupati Bengkalis diwakili Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis Johansyah Safri, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, Ketua PWI Bengkalis Alfisnardo dan ketua DDII Kabupaten Bengkalis Ustad Muhammad Asubli.

Sedangkan assesor UKW adalah Sasongko Tedjo, Firdaus Baderi, Sayid Iskandarsyah, Sihono, T Haris Fadillah, Eka Putra Nazir, Johansyah Syafri, Retno Intan dan Izaac Mulyawan Tulalessy.

Kepala Diskominfotik Johansyah Syafri mengatakan organisasi PWI adalah organisasi paling senior, untuk itu ia berharap PWI mampu berkontribusi terhadap akselerasi pembangunan dimana wartawan tersebut bertugas.

"Hari ini kemajuan teknologi kian pesat, informasi sangat menentukan bagaimana masyarakat bergerak kalau teman-teman menulis berita ke kiri mereka ke kiri bergerak ke kanan mereka ke kanan bergerak maju mereka akan maju," ucap orang nomor satu di Diskominfotik.

Menurut Johan, wartawan yang memahami 11 Pasal dalam kode etik jurnalistik pasti akan menjadi wartawan profesional dan akan menjadi wartawan yang memiliki kompetensi yang diandalkan.

Sementara Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang mengatakan jika belum lulus UKW maka wartawan tersebut belum berkompeten dan belum bisa dianggap sebagai wartawan.

Saat ini, kata Zulmansyah Sekedang, dari 1000 lebih keanggotaan PWI baru sekitar 600 yang lulus UKW.

Menurutnya sertifikasi UKW selain penting untuk melaksanakan tugas meliput sehari-hari di lapangan juga penting untuk keikut sertaan wartawan pada Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2020 di Surabaya.

"Semoga seluruh peserta UKW di Bengkalis lulus 100 persen,"

Resmikan Kantor

Sebelumnya pada pagi menjelang siang, Bupati Bengkalis diwakili Sekda Bengkalis H Bustami HY meresmikan kantor PWI Kabupaten Bengkalis di jalan Hasanuddin, Kelurahan Bengkalis Kota.

Peresmian diawali dengan penandatanganan prasasti lalu dilanjutkan peninjauan setiap ruangan kantor PWI yang didampingi Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang.

Sekda berharap melalui peresmian Kantor PWI ini ke depan semakin profesional, berintegritas, bermarwah dan bermartabat.

“Pers memiliki peran yang sangat penting dalam membangun Daerah dan Negara, karena menurut kami, jika pers maju maka daerah akan maju,” kata Bustami.

Bustami menambahkan seluruh anggota PWI Kabupaten Bengkalis hendakya dapat meluruskan berita hoax atau berita bohong timbul di tengah masyarakat.

“Sebaiknya berita hoax dapat di tangkis oleh PWI agar tidak menimbulkan kerusakan tatanan dalam mencapai cita-cita daerah dan bangsa,” tuturnya.

[grc]