Silaturahmi dengan PPI, Kapolres Ajak Jaga Kamtibmas di Perairan Kepulauan Meranti

SELATPANJANG - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Pergerakan Pelaut Indonesia (PPI) Kabupaten Kepulauan Meranti, melakukan silaturahmi dengan Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, pada Senin, (13/1/2020) siang di Selatpanjang.

Dalam agenda tersebut, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH langsung disambut Oleh Ketua PPI Kepulauan Meranti Zainuddin, Sekretaris PPI Edi Rizal, dan beberapa pengurus lainnya. 

Sebelumnya, Ketua PPI Kabupaten Kepulauan Meranti Zainuddin mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH atas waktunya dalam pertemuan dengan PPI.

"Kehadiran atau pertemuan kami (PPI) kepada bapak kapolres hanya saling melengkapi dan menerima masukan serta menerima saran dari Bapak Kapolres. Intinya, silaturahmi ini kedepannya benar-benar bisa berkelanjutan antara polres dan pelaut, " ungkap Zainuddin. 

Diceritakan Zainuddin, terbentuknya PPI ini pada tanggal 26 April 2016 dan Kantor Sekretariat di jalan Tanjung Harapan Selatpanjang. 

"Pegerakan Pelaut Indonesia ini khsus untuk Kapal Niaga, selain itu adanya PPI ini bertujuan menyelesaikan masalah hukum dan sosial. Sejauh ini memang ada menyelesaikan kasus di Komisi V DPRD Provinsi terkait gaji kapten yang tidak dibayar, atas keputusan sepihak dari perusahaan dan alhamdulillah sudah selesai," ujarnya. 

Dijelaskan Zainuddin, kalau anggota dan pengurus PPI di Kabupaten Kepulauan Meranti berjumlah 300 orang dan dari semua ini merupakan orang pelaut. 

"Selain itu, kami dari PPI juga tetap selalu waspada dan selalu mengingatkan kepada pemilik kapal, maupun nahkoda jika cuaca kurang mendukung agar tidak melakukan pelayaran," tambahnya. 

Ditempat yang sama, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH menyambut baik atas pertemuan yang dilakukan oleh Pergerakan Pelaut Indonesia dan berharap serta memohon dukungan agar wilayah Kepulauan Meranti selalu bersama-sama menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif. 

"Jika rekan-rekan dari PPI menemukan atau ada informasi terkait narkoba, agar bisa berkoordinasi dengan kami dan kami akan menindaklanjuti. Dan mari sama-sama menjaga situasi kamtibmas di wilayah perairan, " harapnya. 

Selain itu, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH juga meminta dan menghimbau agar rekan-rekan PPI selalu berkoordinasi dengan pemilik kapal dan nahkoda apabila cuaca kurang mendukung. 

"Utamakan keselamatan terlebih dahulu, jika cuaca tidak mendukung jangan terlebih dahulu mengambil keputusan untuk berlayar. Intinya, saling menjaga dan saling berkoordinasi aja," pungkasnya.

[grc]