Wabup Said Hasyim Pimpin Musrenbang Kecamatan Rangsang Pesisir, Ini yang Dibahas

SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim memimpin musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Rangsang Pesisir, dalam kegiatan menghimpun program prioritas kecamatan dan desa untuk direalisasikan di tahun 2021 itu, Wabup menegaskan siap mengawal dan berupaya memastikan Anak-anak tidak kurang gizi, sekolah layak dan aksesibilitas Jalan-Jembatan terbangun, bertempat di Kawasan Agro Wisata, Baran Raya, Desa Tenggayun Raya, Kecamatan Rangsang Pesisir, Senin (10/2/2020).

Turut hadir bersama Wakil Bupati, Anggota DPRD Meranti Dapil 3 M. Tartib, Sujihartoni, Al Amin, Kepala Bappeda Meranti Dr. H. Makmun Murod, Kadis Perpustakaan Meranti Drs. Husni Gamal, Kadis Kesehatan dr. Misri, Kadis Pendidikan H. Nuriman, Kadishub Meranti Dr. Aready, Kaban BPBD Drs. Idris Sudin, Kasatpol PP Meranti Helfandi SE M.Si, Kepala DPMPD Drs. Ikhwani, Kadis Perikanan Meranti Eldi Syahputra, Kadis Ketahanan Pangan M. Arif, Kepala DLH Meranti Drs. Irmansyah M.Si, Kepala Disparpora Meranti Rizki Hidayat, Kadis Sosial Meranti Agusyanto, Kabag Humas dan Protokol Meranti Rudi MH, Camat Rangsang Pesisir H. Arifuddin, serta pihak terkait lainnya.

Dalam pengarahannya, Wabup menegaskan kegiatan Musrenbang Kecamatan ini jangan hanya sekedar formalitas tapi benar-benar digunakan untuk menghimpun aspirasi Kecamatan dan Desa atas usulan pembangunan diwilayahnya masing-masing.

Yang terpenting menurut Wabup adalah untuk memastikan Anak-Anak tidak kurang gizi, sekolah layak dan aksesbilitas Jalan-Jembatan terbangun

"Kita akan memaksimalkan anggaran yang ada untuk kepentingan masyarakat, sesuai prioritas yang mendesak, jangan sampai kita tunggu atap sekolah roboh dulu baru dilakukan rehap, jembatan ambruk dulu, momen ini untuk menghimpun dan mencari solusi berbagai persoalan akan kita bawa kemana negeri ini," jelas Wabup.

Selanjutnya Wabup menegaskan dalam menyusun daftar pembangunan bukan hanya sekedar keinginan, dan bukan perkara gampang tapi butuh strategi agar apa yang dicita-citakan yakni terbangunnya infrastruktur dan SDM Meranti yang berkualitas dapat terwujud.

"Pada dasarnya pembangunan itu adalah upaya kita untuk membangun fisik dan jiwa masyarakat," ujar Wabup. 

Untuk itu Pemerintah harus dapat memastikan jiwa dan raga masyarakat terbangun dengan baik. Caranya dengan memastikan ibu hamil dan bayi lahir sehat dan tumbuh normal bebas stunting. 

Untuk mewujudkan pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan, Fasilitas Gedung Sekolah, Penanggulangan Abrasi di Kecamatan Rangsang Pesisir membutuhkan dana yang sangat besar. Jika hanya mengharapkan dana Kebupaten sangat sulit, perlu dilakukan loby dana Provinsi dan Pusat untuk mendukung anggaran pembangunan. 

Untuk itu Wabup berharap semua OPD selain menggunakan anggaran Kabupaten harus juga dapat meraih dana Provinsi dan Pusat yang sangat besar dan lewat moment Musrenbang ini disusun strategi jitu untuk meraih dana-dana tersebut. 

"Kepala OPD saya minta untuk membuat perencanaan yang matang dan detil agar kita dapat meraih dana Provinsi dan Pusat untuk membangun Meranti," pintanya.

Lebih jauh dikatakan Wabup, pembangunan Infrastruktur harus diseimbangkan dengan pembagunan sumber daya manusia untuk itu yang juga penting adalah membangun SDM Meranti caranya pertama SDM Meranti harus bebas Stunting.

"Programkan dan hidupkan kembali Posyandu, gunakan dana Desa semaksimal mungkin untuk menghidupkan Posyandu. Kawal gizi ibu hamil dan balita karena jika tidak mendapat gizi yang cukup dapat dipastikan akan melahirkan generasi yang hilang atau Lost Generation," jelas Wabup yang mengaku tidak menginginkan itu.

"Ini adalah upaya kita untuk memastikan anak anak tidak kurang gizi, dapat bersekolah dengan layak, jalan akses dan jembatan terbangun, Fasilitas Kesehatan memadai, dan yang terpenting adalah moral dan akhlak masyarakat terbangun dengan baik," tegaskanya.

Pada kesempatan itu Wabup juga menggugah kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan semua potensi yang ada. Mulai dari lahan pertanian, tambak ikan, perkebunan dan lainnya. Sehingga pembangunan dilakukan dapat lebih masif.

Pada kesempatan itu juga disampaikan Pokok Pikiran Dewan DPRD Meranti yang dihimpun dari hasil reses di Kecamatan Rangsang Pesisir yang disampaikan Anggota DPRD Dapil 3 Al. Amin. Menurutnya program yang harus diprioritaskan adalah bidang Infrastruktur yakni pembangunan penghubung jalan desa, pelabuhan perlu mendapat perhatian serius, Jalan Kayu Ara menuju Kedabu Rapat untuk mempermudah akses menuju Puskesmas, kemudian pencegahan abrasi, pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu, rehap dan perbaikan sarana kesehatan seperti Polindes di Kedabu Rapat, Perbaikan Sarana Pendidikan SD-SMA, serta Gaji guru Honor, Rehab masjid dan Mushola, Sarana Olahraga, Sarana Kesenian, Fasilitas Air Bersih, Pengadaan Bibit Kelompok Petani.

Hal senada juga disampaikan anggota DPRD Meranti M. Tartib yang meminta penyelesaian infrastuktur jalan Rangsang Pesisir-Rangsang dapat diselesaikan diakhir periode Bupati-Wakil Bupati, Jalan Base bisa di Hotmix untuk mempersingkat waktu tempuh, menuntaskan abrasi misal reboisasi memanfaatkan ban bekas, begitu juga sarana pendidikan SMP 4 dan SD 10. 

Hal itu juga sesuai dengan usulan Program Prioritas Kecamatan Rangsang Pesisir meliputi :

-Penyambungan Jalan Poros (Base) dari Desa Bungur menuju Desa Tj. Kedabu.

-Pembangunan Jalan Poros Desa Telesung menuju Sokop

-Pembangunan Batu Pemecah Gelombang sepanjang 41000 Meter

-Pembangunan Gedung Seba Guna Kecamatan.

-Semenisasi Jalan Kuala Parit menuju jalan Telesung

-Pembangunan Rumah Dinas Camat dan Sekcam.

-Pembangunan Mushola, Lapangan Upacara, Pagar, serta Parkir Kantor Camat.

-Semenisasi Jalan Pramuka di Bumi Perkemahan.

-Pembangunan Gedung SDN Desa Tj. Kedabu.

-Pembangunan Gedung SMPN 4 Telesung.

-Pembangunan SMP satu atap Desa Sokop.

Sementara untuk Desa meliputi Pembangunan Turap Pemecah Gelombang, Pembangunan Pasar Rakyat, Bantuan Bibit (Rumbia, Kelapa, Cabe, Bibit Hortikultura), Pelatihan Kades/Posyandu, Pembangunan Jembatan, Pembangunan Dermaga, Pengadaan Ambulance Laut, Pembangunan Posyandu, Pengadaan Keramba Apung, Pengadaan Kapal Penangkap Ikan plus Jaring, Pelatihan Posyandu dan Ibu PKK, Peningkatan Jalan dan Semenisasi, Cetak Sawah, Rumah Layak Huni, Bibit Kopi, Pembangunan Gedung Sanggar Seni Permanen, Pengadaan Bibit Ayam Petelur, serta Pengaspalan dan Hotmix.

Terakhir dari laporan Kepala Bappeda Meranti Dr. Makmun Murod mengatakan, program prioritas yang diusul pada tahun 2021 yakni menumbuhkan industri hilir, membuka lapangan kerja dan nilai tambah produk, kesejahteraan sosial, akses layanan kesehatan dan pendidikan, meningkatkan infrastruktur dasar penunjang pertumbuhan ekonomi, peningkatan kualitas lingkungan, tata kelola pelayan publik yang efektif dan efisien dengan memanfaatkan IT. 

"Jadi program yang diusulkan harus disinergikan dengan program prioritas Kabupaten ini," pungkas Murod.

Sekedar informasi dalam Musrenbang Kecamatan Rangsang Pesisir itu, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim juga berkesempatan menyerahkan bantan pemadam Kebakaran kepada Camar Arifuddin disaksikan anggota DPRD Meranti dan seluruh hadirin. (rls)

[grc]