oleh

Gubri Buka Festival Event Nasional Pacu Jalur Tradisional di Kuansing

KUANSING (Inforiau.ID) – Bertempat di Lapangan Limuno Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuansing Telah dilaksanakan Acara Pembukaan Festival Event Nasional Pacu Jalur Tradisional Kab Kuansing Tahun 2017 oleh Gubernur Riau Ir.H.Arsyadjuliandi Rahman, MBA. Rabu (23/8/2017) sekira pukul 10.00 WIB.

Dalam Acara tersebut, tampak hadir, Hj. Septina Rusli Ketua DPRD Provinsi Riau, Irjen Pol Zulkarnaen Kapolda Riau, Kolonel Laut(E) Yose Aldino DANLANAL Dumai, Drs. H. Mursini, MSI Bupati Kuansing, Drs. H. Syamsuar Bupati Siak, H. Halim Wabup Kuansing, Ir. Khairizal Wakil Bupati Inhu, Andi Putra, SH,MH Ketua DPRD Kab Kuansing, Mayor Inf Budi Galih Sanjaya mewakili Dandim 0302/Inhu, AKBP Dasuki Herlambang,SIK Kapolres Kuansing dan Jufri,SH,MH Kejari Kab Kuansing.

banner 300x250

Selain itu, tampak hadir juga Maruli Dirjen Kementerian Pariwisata RI, H. Murhaliyus, SE, MM PLT Sekda Kuansing, Para Asisten, Kadis dan Kaban Pemkab Kuansing, H.Jisman, MA Kakanmenag Kab Kuansing, Para Camat Se Kab Kuansing, Kades, Lurah Se Kab Kuansing, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Para Official Jalur dan puluhan ribu penonton.

Dari pantauan dilapangan, Rangkaian Acara tersebut diisi dengan Tari Persembahan, Pembacaan Doa oleh H. Jisman, MA, Laporan Ketua umum Pacu Jalur Tradisional Kab Kuansing Tahun 2017 oleh H.Halim, Sekapur sirih orang adat oleh Ediyanus Herman Dtk Bisai.

Bupati Kuansing Drs. H.Mursini, MSI dalam sambutannya mengucapkan Selamat datang kepada bapak Gubernur Riau beserta tamu dan undangan yang dapat hadir dlm Acara Pembukaan Event Nasional Pacu Jalur Tradisional di Kab Kuansing.

“Pacu Jalur dalam rangka memperingati HUT KEMERDEKAAN RI merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya,” ujar Mursini.

“Tradisi Pacu Jalur kita termasuk dalam nominasi Pesona Wisata Indonesia dan mendapatkan nomor urut 1 dalam nominasi tersebut. untuk itu Saya meminta dukungan dari seluruh masyarakat agar tradisi ini terpilih menjadi terbaik di AFI,” kata Bupati.

Selesai sambutan dari Bupati Kuansing, acara dilanjutkan Pembacaan janji anak pacu dan penyerahan dayung secara simbolis oleh Gubernur Riau serta Penyerahan Bantuan Rumah Layak Huni Secara Simbolis.

Gubernur Riau Ir. H. Arsyadjuliandi Rahman, MBA dalam penyampaiannya yang sekaligus pembukaan festival Event Nasional Pacu Jalur Tradisional Kab Kuansing menyampaikan Apresiasi kepada Pemda Kuansing selaku tuan rumah Pacu Jalur Tradisional dan Masyarakat atas terlaksananya kegiatan ini yang mana Tradisi Kuansing ini sudah masuk dalam pesona wisata nasional kebanggaan Riau.

“Kegiatan Pacu Jalur Tradisional merupakan momen yg tepat untuk mengangkat ekonomi masyarakat kita khususnya dari sektor kepariwisataan,” ujarnya.

“Dalam mengembangkan sektor wisata Pemprov Riau akan mengembangkannya dengan konsep pariwisata berbasis Masyarakat agar Pariwisata tersebut dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat,” sambungnya.

Festival Event Nasional Pacu Jalur Tradisional Kab Kuansing Tahun 2017 dibuka oleh Gubernur Riau dengan ditandai Pemukulan Gong. (TW)