oleh

Kodim 0320/Dumai Sosialisasi Netralitas TNI Kepada Prajurit & PNS pada Pilkada 2018

DUMAI (Inforiau.ID) – Dalam mewujudkan Netralitas pada Pilkada 2018, Kodim 0320/Dumai menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Netralitas TNI daritas oleh Pra Danramil bertempat di Aula Kodim 0320/Dumai. Senin (12/2/2018).

Kegiatan ini di buka oleh Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Horas Sitinjak, S.I.P, dihadiri oleh Ketua KPU Kota Dumai Bapak Darwis, S.Ag, Ketua Banwaslu Kota Dumai Bapak Supratman, S.Pdi, Kasdim, Para Danramil, Perwira Staf, Kaminvetcad I/23 Dumai beserta Anggota, Dansubdenpom I/3-1 Dumai, Anggota Kodim 0320/Dumai dan Anggota Kipan A Yonif 132/BS.

banner 300x250

Pada kesempatan ini sambutan Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Horas Sitinjak, S.I.P menyampaikan bahwa kita sudah kesekiankalinya menyelenggarakan kegiatan Netralitas TNI pada Pilkada, ini wujud komitmen dalam Netralitas TNI pada Pilkada harus dilaksanakan seluruh personel TNI dan PNS. Dimana Netralitas TNI adalah TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.

“Pimpinan kita sudah membekali kita dengan buku saku Netralitas TNI, untuk itu kita jangan ragu-ragu dilapangan, pedomani buku yang sudah dibagikan dalam melaksanakan kegiatan dilapangan,” kata Dandim.

Sedangkan dari Ketua KPU Kota Dumai Bapak Bapak Darwis, S.Ag menyampaikan peraturan KPU tentang Pilkada dan tahapan Pilkada 2018 yang telah dilaksanakan sampai dengan saat ini.

Dari Ketua Bawaslu Kota Dumai Bapak Supratman, S.Pdi menyampaikan tugas dan wewenang Bawaslu dan implementasi pelaksanaan Netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada serta dasar hukum Netralitas TNI.

“Dimana salah satu tugas Bawaslu adalah melakukan pengawasan seluruh tahapan Pemilu/Pilkda dan juga mengawasi Netralitas TNI/Polri dan ASN, kita akan melakukan pencegahan untuk tidak terjadinya pelanggaran baik pada Pemilu maupun Pilkada,” ujarnya.

Pada Kesempatan ini juga Dandim 0320/Dumai membagikan Buku Saku Netralitas TNI kepada seluruh Prajurit dan PNS dan penandatanganan Pakta Integritas Netralitas TNI serta diakhir kegiatan dilaksanakan tanya jawab kepada seluruh peserta. (BS)