oleh

Korban Tewas Tsunami Palu Banyak Ditemukan di Pinggir Pantai

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa petugas gabungan masih banyak menemukan jasad-jasad korban yang tewas akibat gempa bumi dan tsunami di Pantai Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebut, lantaran proses komunikasi terputus, pihaknya belum menerima data terbaru para korban-korban tersebut.

banner 300x250

“Korban meminggal karena gempa, untuk tsunami ditemukan di pantai-pantai. Korban meninggal dunia jumlahnya masih dalam pendataan,” kata Sutopo di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (29/9/2018).

(Baca: BNPB: 48 Warga Meninggal di Palu, 356 Orang Luka-Luka)

(Baca juga: Komunikasi Lumpuh, BNPB Kesulitan Akses Perkembangan Tsunami di Palu)

gempa

Sutopo menyebutkan, sampai saat ini, lantaran kekuarangan peralatan, para korban terus masih dievakuasi dengan seadanya. Namun, masih belum dapat didata dengan baik untuk identitasnya.

“Banyak korban dikarungkan, tapi belum pendataan belum dilaporkan resmi data ini baru hanya di Kota Palu,” tutur Sutopo.

BNPB mencatat sampai saat ini tercatat ada 48 korban, 356 luka-luka dan ribuan rumah mengalami kerusakan di Kota Palu. Sedangkan, di Kabupaten Donggala belum mendapatkan data dan informasi.

“Memperkirakan bahwa jumlah korhan masih terus bertanbah nanti siang semoga komunikasi bisa dilakukan,” pungkasnya.

(wal)