oleh

Gigih Mengedukasi Masyarakat Tentang KB, Sulastri Terima Penghargaan dari Bupati Siak

Bupati Siak, Drs H Syamsuar bersama penerima penghargaan bertepatan dengan hari Ibu 2018.

SIAK – Berbekal pengalaman dan pengetahuannya tentang program KB (Keluarga Berencana), Sulastri warga kampung Bukit Agung, kecamatan Kerinci Kanan, kabupaten Siak, Riau ini terbilang gigih mengedukasi masyarakat. Atas jasanya itu pula, ia mendapat penghargaan dari Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi.

Piagam penghargaan dan tropi juara 1, kategori lomba KB Lestari ke 15 yang diterimanya itu sebenarnya tak sebanding dengan usaha yang dilakoninya mengkampanyekan pentingnya menerapkan program KB di masyarakat.

banner 300x250

“Selama saya mensosialisasikan program KB kesehatan ke masyarakat tidak semua warga memahami manfaat KB, dan pola fikir orang berbeda beda namun dengan berjalannya waktu masyarakat sudah mulai berangsur paham,” sebut Sulastri, Senin (17/12/2018) pagi.

Dijelaskannya, selama ia melakukan sosialisasi ke tengah masyarakat, tidak sedikit kendala yang ia hadapi. Mulai dari rendahnya kesadaran masyarakat dalam ber-KB, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang dan jenis alat kontrasepsi yang akan di pakai, sehingga ini menjadikan tantangannya dalam menjalankan tugasnya.

“Upaya saya dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat KB dengan cara turun langsung ke masyarakat, dan memberikan sosialisasi di posyandu terdekat, awalnya banyak masyarakat yang tidak paham, namun berjalannya waktu masyarakat sudah mulai sadar ber KB,” terangnya.

Ia menambahkan selama ini dirinya mensosialisasikan program KB selalu didukung oleh aparat kampung dan pihak kecamatan Kelinci Kanan.

“Saya menerapkan program KB itu sendiri, dua orang anak mengunakan KB spiral selam 20 tahun dengan jarak kelahiran anak lima tahun dari anak pertama dengan anak ke dua,” katanya.

Penyerahan penghargaan itu di laksanakan usai apel peringatan hari Ibu ke 90 tahun 2018, Hari Bela Negara, dan Hari Nusantara yang berlangsung di lantai 2 kantor Bupati Siak.

Pelaksanaan peringatan hari ibu ke 90 tingkat kabupaten Siak mengambil tema ”Bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa”. Kegiatan tersebut diikuti oleh unsur TNI, Polri, ASN dan Honorer.

Pada kesempatan itu Bupati Siak menyerahkan 10 penghargaan kepada pemenang lomba BKB, UPPKS, KB Lestari, dan PIK R/M tingkat kabupaten Siak. Hadir pada acara itu Wakil Bupati Siak H Alfedri, unsur Forkopimda kab Siak, pimpinan organisasi perangkat daerah.