oleh

Jelang Akhir 2018, Dishub Riau akan Lakukan Ram Cek Secara Langsung

PEKANBARU – Jelang akhir tahun, serta menyambut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Dinas Perhubungan Provinsi Riau akan melakukan Ram Cek pemeriksaan kelaikan kendaraan untuk angkutan umum moda transportasi darat.

Kepala Dinas Perhubungan Riau, Taufik saat dikonfirmasi GoRiau.com melalui Kabid Darat, H Azrial AR SH MA mengatakan, pihaknya akan melakukan Ram Check angkutan umum yang masuk ke Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (TBRPS).

banner 300x250

“Kendaraan umum diperiksa satu per satu kelengkapannya, baik secara administrasi maupun teknis. Dalam pemeriksaan tersebut jika ditemukan sejumlah kendaraan yang tidak memenuhi syarat administrasi, tentunya tidak laik jalan,” kata Azrial, Rabu (19/12/2019).

Dikatakannya, secara teknis kendaraan yang tidak laik jalan, seperti KIR sudah habis waktu, ban yang sudah gundul, sistem pengereman yang kurang baik dan lampu utama yang tidak menyala.

“Ram check ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, menjelang Natal dan Tahun Baru. Untuk itu perlu adanya antisipasi yang dilakukan pemerintah dan pengusaha angkutan umum,” ujarnya.

Dirinya juga mengimbau kepada pengusaha angkutan umum untuk secara rutin memeriksa kelaikan kendaraannya, seperti bus, travel dan kendaraan umum darat lainnya.

“Pemeriksaan berkala perlu dilakukan. Jangan pengusaha mau untung, tapi keselamatan penumpang dan pengemudi diabaikan,” jelasnya.