oleh

Penantian Warga Duri Selama 16 Tahun Terjawab di Masa Kepemimpinan Bupati Bengkalis Amril Mukminin

Kondisi terkini jalan Sudirman Duri tepatnya di seberang SPBU.

DURI – Proyek pelebaran jalan Jendral Sudirman Duri, Kecamatan Mandau, Bengkalis, Riau sejak 2002 silam atau pada masa kepemimpinan Bupati Bengkalis, Syamsurizal akhirnya rampung juga, Desember 2018 ini di masa kepemimpinan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin.

Dahulunya atau 18 tahun silam, jalan Jendral Sudirman mulai dari Simpang Pokok Jengkol hingga Simpang Geroga Duri atau 4.200 meter itu masih sempit.

banner 300x250

Kemudian tahun 2002 dibuat pelebaran jalan tersebut dengan Pemkab Bengkalis membayar ganti rugi kepada warga setempat. Ada 130 surat tanah tanah terkena imbas pelebaran jalan itu. 

Sayangnya, pada masa itu pula, ada warga yang yang mendapatkan ganti rugi tanah untuk pelebaran jalan di depan bangunannya. Sehingga ia menolak, rekanan proyek untuk mengaspal jalan tepat di seberang SPBU Sudirman Duri itu.

Sudah banyak berganti Camat Mandau yang membujuk sipemilik tanah agar pembangunam jalan itu dituntaskan. Sayangnya pemilik tanah tetap bersikukuh tidak mengizinkan ada kegiatan pengerjaan jalan di tanahnya.

Warga Duri yang lainnya pun berkali-kali menghadap ke Camat Mandau mengeluhkan kondisi jalan yang sangat membahayakan pengguna jalan khususnya pada malam hari. 

Sering kali terjadi kecelakaan tunggal di sana, khususnya pada malam hari dan menjelang pagi. Tapi apa daya, Pemerintah tak dapat menyempurnakan jalan tersebut jika belum diizinkan oleh si pemiliknya. 

Meski banyak yang telah menjadi korban akibat kondisi jalan tersebut tidak sempurna, pemilik lahan juga tidak melunak sedikit pun kepada pemerintah setempat. Karena dia merasa tanah miliknya belum diganti rugi oleh pemerintah kabupaten Bengkalis. 

Namun kini, bak kata pepatah, batu yang keras juga bisa hancur oleh air. Si pemilik lahan tersebut akhirnya menghibahkan tanahnya kepada pemkab Bengkalis agar segera dibangun jalan untuk kepentingan orang banyak.

Ia merasa sangat dihargai ketika orang nomor 1 di Mandau Riki Rihardi dan orang nomor 1 di Bengkalis, Amril Mukminin datang kepadanya dan melakukan dialog dari hati ke hati, sebagai insan manusia biasa tanpa memandang status atau jabatan.

Pendekatan Camat Riki dan Bupati Amril ini kepada pemilik lahan secara intensif ini melalui komunikasi serta perundingan yang baik ini membuat masyarakat lega dan senang. 

“Sekarang jalan Jendral Sudirman Duri sudah rampung 100 persen pelebarannya. Kebaikan hati pemilik lahan dan kegigihan Camat Mandau dan kami melakukan pendekatan, membuahkan hasil yang baik juga,” sebut Amril Mukminin sekaligus menyampaikan ungkapan terima kasih kepada si Pemilik lahan tersebut.