oleh

Besok, Diprediksi Puncak Pasang Keling Kuala Kampar

Kondisi banjir rob di Kuala Kampar

PANGKALAN KERINCI – Genangan pasang keling masih terjadi di Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelawan, Provinsi Riau. Diprediksi puncak banjir rob akan terjadi pada hari, Kamis (27/12/12/2018) besok.

“Puncak pasang keling ini terjadi antara tanggal 25 sampai 27 Desember,” kata Camat Kuala Kampar, Tengku Edi, Rabu (26/12/2018).

banner 300x250

Setelah puncak pasang keling, kata dia, kemudian genangan banjir pasang keling atau banjir rob ini akan berangsur’angsur surut. “Mudahan banjir rob akan segera berangsur surut,” ucapnya, kepada GoRiau.

Sebelumnya, wilayah Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Kampar tergenang oleh banjir rob. Desember merupakan puncak air pasang.

Genangan air payau yang biasa disebut dengan Pasang Keling mulai yang menggenang sejak 19 Desember kemarin.

Camat Kuala Kampar, Tengku Edi mengatakan, banjir rob atau pasang keling sudah menjadi fenomena rutin tahunan di wilayah Kuala Kampar.

“Puncak banjir rob ini biasanya tanggal 25 sampai 27 Desember. Biasanya di tanggal ini air meluap luar biasa,” katanya, dikonfirmasi GoRiau, Selasa (25/12/2018).

Meski banjir rob terjadi, rumah masyarakat tenggelam khususnya di Kelurahan Telum Dalam. Sebagian besar rumah masyarakat merupakan rumah panggung.

“Rumah sampai tenggelam jarang, karena disini kan rumah panggung. Kalaupun air naik hanya sebatas panggung atau lantainya saja,” ungkapnya.

Banjir rob ini, kata Camat Edi, juga tidak melumpuhkan aktifitas perekonomian masyarakat di pasar. Meski air naik kedaratan hingga ratusan meter dengan ketinggian kurang lebih setinggi lutut orang dewasa.

“Pasar tetap jalan, karena air naik ada waktunya, paling 2 jam setelah itu air akan surut lagi. Begitulah banjir rob di Kuala Kampar,” tandasnya.