oleh

Waktu Pengerjaan Ditambah 50 Hari, Jembatan Siak IV Pekanbaru Diharapkan Segera Tuntas

PEKANBARU – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau membenarkan, bahwa kontraktor Jembatan Siak IV Pekanbaru telah meminta penambahan waktu pekerjaan selama 50 hari.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Riau, Yunnan Haris berharap dengan penambahan waktu itu, pembangunan Jembatan Siak IV dapat dituntaskan pada pertengahan atau akhir Januari 2019 mendatang. Saat ini, progres pekerjaan Jembatan Siak IV sendiri sudah di atas 90 persen.

banner 300x250

“Ya, saya juga pastikan pengerjaan akan terlambat hingga Januari 2019. Pengerjaan jembatan itu tidak mudah dan ada urutannya. Tapi sekarang sedang dikebut pengerjaannya,” kata Yunnan Haris di Pekanbaru, Jumat (26/12/2018).

Yunnan menilai, dimulainya pengerjaan mengalami keterlambatan selama tiga bulan. Pihak kontraktor harus menunggu izin kelayakan dari pemerintah pusat melalui Dirjen jembatan dan jalan. Karena kondisi jembatan yang sudah mangkrak sejak tahun 2012 hingga 2018.

Sehingga besi-besi yang sudah terpasang harus dicek ulang. Apakah layak atau tidak digunakan, apakah berkarat atau tidak. Termasuk kekuatan tiang yang ada harus dicek oleh pihak Kementerian PUPR.

“Jadi memang ada waktu terbuang selama tiga bulan. Ketika usai kontrak, mereka harus menunggu hasil uji kelayakan dari Kementrian. Tidak mungkin mengerjakan barang yang sudah mangkrak langsung dipasang, ada peraturannya,” ujar dia.

Karena itulah kata dia, pihak kontraktor menyatakan bahwa akan terjadi keterlambatan pembangunan. Mereka mengajukan perpanjangan masa pengerjaan. “Perpanjangan melalui LKPP dulu pengajuannya,” katanya.