oleh

Himaprodi Matematika Unri Gelar Olimpiade 2019

PEKANBARU – Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP) akan mengadakan Olimpiade Matematika se Riau yang ke-19, pada tanggal 28 Januari sampai 02 Februari 2019. Tema yang diangkat ‘Mewujudkan cendikiawan muda melalui literasi matematika untuk revolusi industri 4.0’.

Menurut ketua panitia Abdul Latif, pengangkatan tema kali ini menyesuaikan dengan isu yang saat ini sedang berkembang dan terjadi di masyarakat. Ia berharap dengan adanya olimpiade ini peserta dapat menjadi cendikiawan matematika. 

banner 300x250

“Memalui perkembangan ini, diharapkan peserta dapat menjadi cendikiawan matematika pada revolusi 4.0,” kata Abdul di Unri, Kamis (27/12/2018).

Ia juga menambahkan bahwa tahun lalu,  jumlah peserta yang mengikuti olimpiade sekitar 1.500 peserta,  namun untuk tahun ini jumlah pesertanya sendiri saat ini belum bisa dipastikan.”Tahun lalu kami sampai sekitar 1.500 lebih peserta,  dan untuk sekarang belum tau karena kebanyakan dari peserta yang mendaftar satu bulan menjelang pelaksanaan,” tambahnya. 

Selain itu, Abdul Lafit juga menyebutkan untuk targetnya sendiri tahun ini sekitar 1.500 perserta. Namun, jika belum tercapainya target tersebut biasanya panitia akan memberi perpanjangan waktu pendaftaran. 

Dalam olimpiade kali ini panitia membagi lomba sesuai tingkatannya mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah tsanawiyah (MTs), dan tingkat Sekolah Menengah atas (SMA) sederajat dan Sekolah Menengah Kejuaraan (SMK).

Untuk tingkatan SD ada beberapa cabang olimpiade yang bisa. Di ikuti yaitu Individual math competition (IMC), complex math competition(CMC), dan deklarasi puisi.

Sedangkan untuk tingakatan SMP dan MTS sederajat hampir sama dengan tingkatan SD,  hanya saja ada beberapa tambahan yaitu olimpiade mading,  rangking 1 dan musikalisasi puisi, IMC,  CMC dan mading 3D, rangking 1, musikali puisi, OMG SMP Selain tingkatan SD dan SMP olimpiade ini juga ada di timhkatan SMA dan SMK sederajat,  adapun cabang olimpiadenya yaitu CMC, Musikalisasi puisi, dan mading 3D.

Tidak hanya olimpiade pada tingkatan SD sampai SMA namun dalam olimpiade ini panitia juga membuka Olimpiade Matematika Guru, yang di buka pada semua tingkatan lomba. Untuk pendaftaran sendiri, peserta bisa langsung datang ke stand pendaftaran yang berada di Unri,  di Simpang Baru, Tampan Kota Pekanbaru. Tepatnya fi gedung perkuliahan Kampus Pendidikan Matematika, dan untuk tata caranya silahkan di cek langsung ke webnya yaitu,  ompentikaunri.wordpress.com.