oleh

KPLP Minta Pelabuhan Penumpang Dumai Punya Fasilitas Seperti di Bandara

Direktur KPLP Ditjen Perhubungan Laut, Junaidi (kiri) tengah berjalan bersama Kepala KSOP Dumai Sanggam Marihot (kanan) di terminal Pelabuhan Penumpang PT Pelindo I Cabang Dumai

DUMAI – Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut, Junaidi, minta pelabuhan penumpang PT Pelindo I Dumai memiliki fasilitas seperti Bandara.

Junaidi datang ke pelabuhan PT Pelindo Dumai bersama rombongan dan kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Dumai, Sanggam Marihot serta didampingi oleh Manajer Bisnis Terminal PT Pelindo I Duami, Irwansyah.

banner 300x250

Dikatakan Junaidi, saat ini pelabuhan penumpang Pelindo I Dumai khusus untuk terminal keberangkatan luar negeri sudah bagus, dimana terdapat Xray untuk pemeriksaan barang bawaan penumpang dan juga sudah menerapkan tiket elektronik.

“Kedepan kita inginkan pihak Pelindo juga menyediakan Xray dan menerapkan tiket elektronik di terminal dalam negeri,” kata Junaidi, Rabu (2/12/2019).

Disebutkannya juga, pihak PT Pelindo I Dumai juga harus memberikan pelayanan kemudahan calon penumpang, termasuk dalam barang bawaan dengan menyediakan pendataan barang secara eletronik (e-barang) seperti yang terdapat di Bandara.

“E-barang itu di teks seperti di Bandara, dan kalau bisa barang bawaan sudah bisa diambil penumpang di terminal bukan di atas dermaga apung,” katanya kembali.

Kehadiran Junaidi beserta rombongan tersebut masih terkait peninjauan keamanan dan kenyamanan penumpang saat libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di pelabuhan penumpang.

“Kita hadir disini hanya untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang di pelabuhan Dumai,” katanya mengakhiri.