oleh

7 Hektar Lahan Terbakar di Bathin Solapan Bengkalis

Upaya pemadaman lahan terbakar di Desa Bumbung, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Riau

BENGKALIS – Berdasarkan citra satelit SNPP (Suomi National Polar-orbiting Partnership) sore ini, terpantau titik api di Desa Bumbung, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Riau, Sabtu (5/1/2019).

Kepala Operasi Manggala Agni (Dumai, Bengkalis, Rohil), Jusman kepada GoRiau.com mengatakan, bahwa luas lahan yang terbakar di desa tersebut sekitar 7 hektar.

banner 300x250

“Setelah dilakukan pengecekan oleh Regu IV Manggala Agni KLHK Daops Dumai, memang benar terjadi kebakaran di lahan warga. Tanaman yang terbakar jenis ilalang,” kata Jusman.

Kebakaran tersebut dititik koordinat Titik N  01.38789 dan E 101.389, sambungnya. Api saat ini sudah berhasil dipadamkan dengan bantuan masyarakat.

“Kita sudah melakukan penyekatan area yang terbakar agar tidak meluas. Sekarang ini kondisinya hanya tersisa asap-asap kecil dibeberapa titik,” ungkapnya.

Kondisi di lapangan, masih dikatakannya, merupakan tanah gambut dan kondisi air sangat cukup. Sehingga api dengan cepat bisa dipadamkan.

“Kia menurunkan 3 unit mesin robin untuk memadamkan dan melakukan pendinginan. Kita juga telah mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar,” jelasnya.