Anjing Bebas Berkeliaran, Warga Marpoyan Damai Desak Pemko Bertindak

Pekanbaru, Riau89 Dilihat

PEKANBARU – Warga Kecamatan Marpoyan Damai khususnya sekitaran Jalan Pala mengeluhkan banyaknya anjing liar berkeliaran. Warga khawatir, anjing-anjing yang berpotensi menyebarkan rabies di wilayah itu, menyerang pengguna jalan.

“Disini banyak sekali berkeliaran anjing. Sepertinya ada pemiliknya, tapi malah dibiarkan bebas berkeliaran ke rumah-rumah warga dan terkadang menyerang pengguna jalan,” kata Miftah, warga setempat yang saban hari lalu lalang bersepeda motor di kawasan itu kepada wartawan, Selasa (08/01/2019) sore.

banner 300x250

Miftah meminta Pemerintah Kota Pekanbaru cepat bergerak memberantas (mengeliminasi, red) anjing liar ini.

“Cek saja di sekitaran Jalan Pala 5 yang tembus ke Jalan Adi Sucipto, pasti ketemu anjing berkeliaran di pinggir jalan. Cepat lah ditangkap atau diracun!,” kesalnya.

Miftah mengaku Ia pernah hampir masuk parit lantaran dikejar anjing saat beli pulsa ke Jalan Adi Sucipto melewati Jalan Pala V.

Sejak peristiwa itu, Ia trauma dan kesal terhadap para pemilik anjing yang membiarkan anjingnya berkeliaran.

“Pemerintah harus cepat lah bertindak. Para pemilik yang membandel itu harus diberi sanksi. Jalan Pala khususnya Jalan Pala 5 itu sangat beresiko diserang anjing,” ucapnya.

Untuk diketahui, anjing adalah salah satu Hewan Penyebar Rabies (HPR) sehingga perlu diwaspadai keberadaannya. Setiap pemilik harus menjaga dan memelihara dengan baik termasuk memvaksin antirabies.