oleh

Kalahkan 11 Kabupaten dan Kota, Nilai SAKIP Meranti Terbaik se-Riau

Bupati Irwan saat diwawancarai sejumlah wartawan

SELATPANJANG – Sebuah prestasi membanggakan bakal diterima oleh Kabupaten Kepulauan Meranti, dimana Pemerintah Kabupaten Termuda di Riau ini meraih nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) BB atau B Plus, dari sebelumnya meraih nilai SAKIP B. Nilai ini merupakan yang tertinggi dibanding 11 kabupaten dan kota se-Riau.

Hal itu disampaikan Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si didampingi Kabag Humas dan Protokol Sekda Meranti Hery Saputra SH, usai penyerahan DPA OPD dilngkungan Pemkab Meranti di Aula Kantor Bupati, Senin (14/1/2019) siang.

banner 300x250

“Alhamdulillah nilai SAKIP kita mengalami peningkatan dari B menjadi BB, dan ini menjadikan Meranti sebagai Kabupaten peraih nilai SAKIP tertinggi di Provinsi Riau,” ucap Bupati Irwan.

Dijelaskan Bupati Irwan, dalam rangka peningkatan Nilai SAKIP Meranti itu, Kepala Bappeda H. Makmun Murod dan Inspektor Meranti Drs. Suhendri M.Si sedang melakukan pertemuan dengan pihak Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam rangka finalisasi.

“Saat ini Kepala Bappeda dan Inspektor Meranti sedang berada di Kementrian PAN RB untuk melakukan finalisasi,” jelas Irwan.

Dengan diraihnya nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) ‘BB’. ini merupakan nilai terbaik Se-Kabupaten Kota yang ada di Riau, hasil itu merupakan Laporan Hasil Evaluasi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) RI, dan Rapor SAKIP itu akan diserahkan oleh pihak Kemen PAN RB dalam acara penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) Kabupaten Kota Wilayah Sumatera, Banten dan Jawa Barat nantinya.

Dikatakan Bupati Irwan, dengan diraihnya Nilai SAKIP Meranti BB atau B Plus, diakui belum sesuai dengan target sebelumnya yakni ‘A’ namun hal itu sudah cukup membanggakan.

Dan itu adalah bukti komitmen Pemda Meranti yang dengan sungguh-sunguh berusaha memperbaiki nilai SAKIP.

Untuk itu, Ia meminta kepada seluruh OPD yang telah bekerja serius untuk bekerja lebih keras lagi dalam menyempurnakan Laporan Akuntabilitas Keuangan Instansi Pemerintah, agar kedepan targat LHE AKIP ‘A’ dapat tercapai. “Semoga tahun depan meskipun berat kita dapat meraih LHE AKIP ‘A’,” ungkap Irwan.