oleh

Datang ke Siak, Menteri Luhut: Ini Seperti London dan Paris

Menteri Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia, Bapak Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan, MPA terpana melihat hamparan sawah yang luas di Kecamatan Bungaraya, Siak.

SIAK SRI INDRAPURA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Panjaitan, seperti terhipnotis saat melihat keindahan Kabupaten Siak di Provinsi Riau yang mempesona matanya. Kabupaten yang mempunyai julukan Negeri Istana ini pun memiliki sumber daya alam yang sungguh luar biasa.

Tiba di Kota Siak, Menteri Luhut menyempatkan diri melihat kemegahan dan keindahan Istana Siak. Dirinya pun selalu memuji kehebatan Raja Siak yang ikut membantu Pemerintah Indonesia usai kemerdekaan 1945. Bahkan Raja Siak pun menjadi penasehat kala itu Presiden RI Ir H Soekarno.

banner 300x250

“Kalau lihat Siak, seperti melihat London dan Paris. Karena bantaran sungainya mengingatkan saya sebuah negara di eropa,” kata Menteri Luhut kepada GoRiau.com, Rabu (16/1/2019).

Menteri Luhut pun sangat takjub melihat hamparan sawah yang menyegarkan mata. Irigasi yang dibangun di Kecamatan Bungaraya, bisa menjadi percontohan membantu petani berhasil panen dua kali sampai 3 kali dalam setahun.

“Kalau bisa panen sampai dua kali dan tiga kali sungguh luar biasa. Hal ini pun harus terus dipertahankan dan dikembangkan. Jangan puas sampai disini saja,” ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan Siak memang menjadi layak menjadi percontohan pariwisata dan pertanian. Karena Siak ini kaya akan sumber daya alam, seperti kelapa sawit dan minyak bumi.

“Saat ini, Badan Usaha Milik Daerah (PT Bumi Siak Pusako, red) sudah bisa mengelola sumber daya minyak bumi yang ada di Kabupaten Siak. Ini sungguh prestasi yang patut dicontoh,” ujarnya.

Usai melakukan panen raya dan pemberian sertifikat tanah kepada masyarakat di Kecamatan Bungaraya, Menteri Luhut didampingi Gubernur Riau Terpilih melanjutkan kegiatan ke Kabupaten Pelalawan.