oleh

Hadir di Pekanbaru, Luhut Panjaitan: Presiden Jokowi Sigap Ambil Langkah, Sekarang Harga Sawit Cenderung Naik

Presiden RI, Joko Widodo.

PEKANBARU – Presiden Joko Widodo telah menghasilkan berbagai pencapaian dalam masa pemerintahannya. Salah satunya adalah infrastruktur, perkebunan, dana desa bahkan program keluarga harapan (PKH).

Demikian disampaikan Menko Kemaritiman, Luhut Panjaitan saat menghadiri pengukuhan Pengurus Relawan Bravo 5 Riau yang merupakan organisasi pendukung calon presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Pekanbaru, Rabu (16/1/2019).

banner 300x250

“Secara nasional terdapat sekitar 14 juta hektare kebun sawit di nusantara.,41 persen diantaranya dimiliki oleh petani kecil yang rata-rata 1-2 hektare. Memang harga sawit sempat turun namun presiden dengan sigap mengambil langkah dan hasilnya saat ini harga sawit cenderung naik,” ucap Luhut.

Luhut mengatakan, saat ini pemerintah juga tengah melakukan langkah dengan penerapan Bio Solar (B20) yang diklaim cukup menguntungkan.

“Yang terbaru dan saat ini tengah kita godok adalah bagaimana oil palm kita rumah menjadi green by diesel,” jelas Luhut.

Sebab saat ini Indonesia masih mengalami defisit. Langkah ini, lanjut Luhut, sangat potensial untuk mengurangi impor oil. Bahkan jika terlaksana sedikitnya Indonesia akan untung Rp14-Rp15 miliar.

“Dan tentu harga sawit akan naik dan kesejahteraan petani semakin terangkat. Dengan demikian angka kemiskinan juga menurun kembali,” pungkasnya. (gs1)