oleh

Debat Capres, Idris Laena: Jawaban Pasangan Nomor Satu Lebih Realistis

Idris Laena

PEKANBARU – Politisi Partai Golkar, Idris Laena menilai, jawaban yang diberikan pasangan capres cawapres nomor urut 01, Jokowi – Ma’ruf lebih realistis, sehingga mudah dilaksanakan.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi – Ma’ruf di Riau ini mengatakan, dari sesi pertanyaan pertama dan kedua, sudah terlihat bahwa jawaban pasangan nomor 01 lebih implementatif dibandingkan pasangan nomor urut 02, Prabowo – Sandi.

banner 300x250

“Bukan hanya karena saya ketua TKD Jokowi, tapi sebagai warga negara juga. Saya melihat jawaban dari pasangan 01, Jokowi – Ma”ruf lebih realistis. Lebih implementatif dari pasangan 02 yang menurut saya lebih banyak narasi yang sifatnya baru menduga,” katanya disela-sela acara nobar debat capres cawapres di Gedung Laena Center, Kota Pekanbaru, Kamis (17/1/2019) malam.

Sebagai contohnya, ia menyebutkan, saat kedua pasangan calon (Paslon) menjawab pertanyaan soal hukum.

“Misalnya, masalah tumpang tindih peraturan daerah (Perda), pasangan 02 menyatakan akan mengatasinya dengan melibatkan pakar-pakar. Padahal dalam prosedur penyusunan hukum kita, pakar itu dilibatkan ketika hukumnya akan disusun,” papar politisi asal Indragiri Hilir (Inhil) tersebut.

Sementara, lanjut Idris, yang dimaksudkan pertanyaan tadi itu ialah situasi ketika DPR RI membuat undang-undang, tetapi DPRD di provinsi maupun kabupaten juga membuat Perda yang sama.

“Itulah tumpang tindih Perda. Nah, Pak Jokowi kan menyatakan, perlu adanya pusat legislasi nasional yang mengharmonisasi. Jadi ketika pusat buat peraturan, dan daerah juga buat, maka harus diharmonisasikan oleh pusat legislasi nasional,” tutupnya.