oleh

Meski Segera Diresmikan, Jembatan Siak IV Belum Miliki Nama

PEKANBARU – Jembatan Siak IV hampir rampung dan segera diresmikan awal tahun ini. Namun, hingga kini belum ada nama yang ditetapkan untuk disematkan kepada jembatan yang menghubungkan Kecamatan Senapelan dengan Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Riau, ini.

“Sampai saat ini belum (ada nama untuk jembatan Siak IV). Itu tergantung pak gubernur,” kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ahmad Hijazi, Minggu (20/1/2019).

banner 300x250

Oleh karena itu, Hijazi pun mempersilakan kepada tokoh masyarakat bahkan masyarakat untuk memberikan pendapat dan sarannya. Itu bisa disampaikan kepada Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim. “Silakan berpendapat untuk penamaan jembatan Siak IV itu,” ujarnya.

Selain Gubernur saat ini, saran juga bisa disampaikan kepada Gubernur terpilih, yaitu Syamsuar. “(Sarannya) ya mungkin antara gubernur sekarang dengan gubernur terpilih,” sebutnya.

Sementara itu, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) akan mendiskusikan nama apa yang tepat untuk jembatan yang membelah Sungai Siak ke empat di Kota Madani ini. “Sekarang belum ada. Bagus nanti kita bicarakan dengan MKA (Majelis Kerapatan Adat), apa nama yang baik untuk jembatan Siak IV itu,” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau Datuk Seri Syahril Abu Bakar.

Menurutnya, penamaan untuk jembatan bukanlah bisa dilakukan secara sembarangan. Maka dari itu, harus digelar rapat terlebih dahulu. Nantinya setelah diperoleh hasil yang disepakati oleh para tetua adat, maka saran akan disampaikan kepada Gubernur Riau.