oleh

Aplikasi Smart Rescue Damkar Pekanbaru Siap Meluncur di HUT Damkar ke-100

PEKANBARU – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Pekanbaru akan meluncurkan aplikasi Smart Rescue Madani, yang nantinya dapat diunduh oleh masyarakat melalui Playstore di smartphonenya masing – masing. Peluncuran aplikasi ini dipastikan terlaksana pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar yang ke-100, tanggal 1 Maret 2019 mendatang.

Kepala Dinas Damkar Pekanbaru Burhan Gurning kepada GoRiau.com mengatakan, aplikasi dengan anggaran Rp350 juta ini, nantinya akan memberikan respon secepat atas suatu laporan kejadian, seperti kebakaran, percobaan bunuh diri, penyelamatan hewan dan sebagainya.

banner 300x250

“Aplikasi ini bisa untuk laporan kejadian apa saja, entah nanti ada yang mau laporan kebakaran, ada percobaan bunuh diri, orang tenggelam, binatang buas, penyelamatan hewan dan sebagainya, bisa menggunakan aplikasi ini. Kita usahakan respon secepatnya, paling tidak, paling lama 15 menit,” urai Gurning, Rabu, (24/1/2019).

Gurning melanjutkan, Smart Rescue Madani merupakan sinergisitas antara Damkar, pihak kepolisian, dan PLN. Oleh karena itu, menunggu peluncuran, pihaknya terus berkoordinasi untuk mengoptimalkan kerjasama dan meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat.

“Kita sistem kerja sama dengan kepolisian, PLN, dan Damkar sendiri, jadi kita harapkan kerjasama yang cepat dilapangan nanti,” ungkapnya.

Sementara itu, Gurning juga mengatakan jika setelah dilaunching pihaknya masih akan melakukan evaluasi, untuk melihat kekurangan dari aplikasi tersebut dilapangan.

“Nanti setelah dilaunching, baru kita akan evaluasi lagi, kita tinjau kembali apa – apa saja kekurangannya, apa yang perlu disempurnakan untuk pengaplikasian di Kota Pekanbaru ini. Akan kita sempurnakan,” tegasnya.